Sebelum dan Sesudah Edukasi menggunakan Flip Book terhadap Pengetahuan tentang Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibanteng Kabupaten Situbondo

  • Durotul Baruroh Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • I Komang Suwita
  • Hasan Aroni

Abstract

Latar Belakang: Anemia masih menjadi salah satu dari empat masalah gizi utama yang terjadi di Indonesia. Berdasarkan data dari Riskesdas tahun 2018, prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia adalah 48,9 persen, meningkat 11,8 persen jika dibandingkan dengan angka di tahun 2013 yaitu 37,1 persen. Menurut laporan Hasil Sosialisasi Anemia Dan Pemanfaatan TTD dalam Bentuk Survey Anemia Ibu Hamil dan Remaja Putri Tahun 2020 di Kabupaten Situbondo, menunjukkan 49 persen memiliki tingkat pengetahuan cukup dan kurang. Sebagai salah satu upaya meningkatkan pengetahuan dengan dilakukan edukasi. Media yang digunakan pun bermacam baik dengan media visual saja maupun audio visual. Salah satu media visual yang dapat dilakukan yaitu flip book. Tujuan: untuk mengetahui perbedaan sebelum dan sesudah edukasi menggunakan flip book terhadap pengetahuan tentang anemia pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Jatibanteng Kabupaten Situbondo. Metode: Jenis penelitian ini adalah pre-experiment dengan desain penelitian two-group pretest posttest dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Hasil: didapatkan nilai p-value 0,005 kurang dari 0,05, artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah edukasi dengan media flip book terhadap pengetahuan ibu hamil tentang anemia. Kesimpulan: terdapat perbedaan yang bermakna antara sebelum dan sesudah edukasi dengan menggunakan media flip book terhadap pengetahuan ibu hamil tentang anemia pada p sama dengan 0,05 serta terdapat perbadaan yang bermakna antara kelompok yang diberikan edukasi tanpa media dengan kelompok yang diberikan edukasi menggunakan media flip book terhadap pengetahuan ibu hamil tentang anemia pada p sama dengan 0,05.

References

1. Kementerian Kesehatan RI. 2020. Pedoman
pemberian Tablet Tambah Darah (TTD) Bagi
Ibu Hamil Pada Masa pandemi Covid-19.
Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
2. Riskesdas. 2018. Hasil Utama Riskesdas 2018.
Jakarta: Kementerian Kesehatan Badan
Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.
3. DINKES Kabupaten Situbondo. 2020. Hasil
Sosialisasi Anemia dan pemanfaatan TTD dalam
Bentuk Survey Anemia Ibu Hamil dan Remaja
Putri Tahun 2020. Situbondo: Dinas Kesehatan
Kabupaten Situbondo.
4. Susanti, N. dan Anggriawan, F. 2020. Pengaruh
Video Edukasi Terhadap Kepatuhan Konsumsi
Tablet Besi Ibu Hamil Anemia Di Puskesmas
Kota Palangka Raya. Jurnal MGMI, 12 (1) : 75-
84.
5. Aroni, H. 2022. Media dan Teknologi Informasi
dalam Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Y
Media.
6. Nuzul dan Hardewi. 2021. Pengaruh Penyuluhan
Kesehatan Tentang Anemia Terhadap
Pengetahuan Ibu Hamil Di Wilayah Kerja
Puskesmas Lamteuba Kabupaten Aceh Besar.
Journal of Healthcare Technology and Medicine,
7 (1) : 318-326.
7. Oktaviani, I. 2018. Pengaruh Penyuluhan
Dengan Media Audiovisual Terhadap
Kepatuhan Ibu Hamil Dalam Mengkonsumsi
Tablet Besi Di Puskesmas Paliyan Gunungkidul
Tahun 2018. Skripsi. Yogyakarta: Poltekkes
Kemenkes Yogyakarta.
8. DINKES Kabupaten Situbondo. 2020. PWS KIA
tahun 2020. Situbondo: Dinas Kesehatan
Kabupaten Situbondo.
9. DINKES Kabupaten Situbondo. 2021. PWS KIA
tahun 2021. Situbondo: Dinas Kesehatan
Kabupaten Situbondo.
10. Sari, R.E.P. 2010. Hubungan antara Tingkat
Pendidikan dengan Pengetahuan Wanita tentang
Faktor Resiko Kanker Payudara di RT 02
Kompleks Taman Rempoa Indah Tahun 2010
Skripsi. Fakultas Kedokteran dan Kesehatan
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Jakarta.
11. Mariyaningsih, Dewi. 2018. Pengaruh
Pendidikan Kesehatan Dengan Media Komik
Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswi Tentang
Tablet Tambah Darah Dan Anemia Di SMP
Negeri 2 Sragen. SKRIPSI. Fakultas Ilmu
Kesehatan Universitas Muhammadiyah
Surakarta.
12. Rohim, Zulaekah dan Kusumawati. 2016.
Perbedaan Pengetahuan Anemia Pada Remaja
Putri Setelah Diberi Pendidikan Dengan Metode
Ceramah Tanpa Media Dan Ceramah Dengan
Media Buku Cerita. Jurnal Kesehatan, 1 (2) : 60-
71.
13. Masturoh dan Anggita T. 2018. Bahan Ajar
Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK)
Metodologi Penelitian Kesehatan. Kemenkes RI:
Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia
Kesehatan.
14. Wimajaya, et al. 2022. Media Sosialisasi Edukasi
Majalah Dan Flipbook Pencegahan Stunting
Bagi Ibu Hamil. Jurnal Pengabdian Masyarakat,
1 (1) : 45-53.
15. Mulyaningsih, N.N., dan Saraswati, D.L. 2017.
Penerapan Media Pembelajaran Digital Book
Dengan Kvisoft Flip book Maker. Jurnal
Pendidikan Fisika (JPF), 5 (1) : 25-32.
Published
2022-08-31
How to Cite
BARUROH, Durotul; SUWITA, I Komang; ARONI, Hasan. Sebelum dan Sesudah Edukasi menggunakan Flip Book terhadap Pengetahuan tentang Anemia pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Jatibanteng Kabupaten Situbondo. NUTRITURE JOURNAL, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 29-35, aug. 2022. ISSN 2828-9552. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/Nutriture/article/view/3427>. Date accessed: 02 may 2024. doi: https://doi.org/10.31290/nj.v1i2.3427.
Array ( )

Most read articles by the same author(s)