PEMANFAATAN APLIKASI BERBASIS KOMPUTER COUNSELNUT.MLG UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KONSELING GIZI DI PUSKESMAS KORWIL TUMPANG KABUPATEN MALANG

  • dian kurniawati winoto poltekkes kemenkes malang
  • Tapriadi Tapriadi
  • Hasan Aroni
  • I Dewa Nyoman Supariasa

Abstract

Konseling gizi merupakan kegiatan yang berhubungan dengan klien, dimana pemberian konseling tiap klien tidak sama. Banyak hal yang menjadi hambatan dalam proses pengidentifikasian masalah pasien hingga kegiatan monitoring evaluasi dalam kegiatan asuhan gizi terutama dalam bidang record dan recall data yang telah disimpan saat klien datang untuk berkonsultasi di masa lalu. Mengingat input data dalam jumlah yang besar, membutuhkan tenaga, waktu dan pikiran yang besar pula. Perkembangan teknologi yang sangat pesat menyebabkan semua lapisan masyarakat dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Dalam hal ini termasuk juga perkembangan dalam dunia kesehatan. Dengan penggunaan teknologi maka dapat mempermudah dalam melakukan konseling. Saat ini Puskesmas Korwil Tumpang Kabupaten Malang melaksanakan konseling gizi secara konvensional. Saat ini sudah ada aplikasi berbasis komputer untuk menunjang kegiatan konseling yaitu aplikasi CounselNut.Mlg. Oleh karena itu perlu dilakukan uji coba daya terima ahli gizi terhadap aplikasi  dan menilai tingkat kepuasan klien yang mendapatkan konseling menggunakan media aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas konseling dengan menggunakan aplikasi berbasis computer (CounselNut.Mlg) di Puskesmas Korwil Tumpang Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Bentuk desain penelitian menggunakan quasi eksperimen.  Hasil penelitian menujukkan bahwa 60%  konselor memiliki daya terima yang baik terhadap aplikasi, 20% cukup menerima aplikasi dan 20% kurang dalam menerima aplikasi. Klien yang mendapatkan konseling menggunakan apliksi sebanyak 95% menyatakan puas dan 5% cukup puas. Aplikasi berbasis komputer CounselNut.Mlg dapat digunakan untuk menunjang kegiatan konseling di Puskesmas Korwil Tumpang Kabupaten Malang.

References

Almatsier, Sunita. 2007. Penuntun Diet. Jakarta : PT Gramedia Pustaka
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Peraturan Menteri Kesehatan no. 75 Tahun 2014 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat.
Persatuan Ahli Gizi Indonesia 2013, Konseling Gizi, Penerbit Pene-bar Swadaya Grup. Jakarta
Rosnelly dkk.2008. BukuPedoman Praktis Diagnosa Gizi Dalam Proses Asuhan Gizi Terstan-dar. Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Dr. Saiful Anwar
Suiraoka, I.P dan Supariasa, I.D. 2012. Media Pendidikan Kesehatan. Graha Ilmu. Yogyakarta
Sulasty, S. U. 2008. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelaksanaan Konsul¬tasi Gizi Ruangan di Rumah Sakit Umum Mataram. Skripsi Program Studi S-1 Gizi Kesehatan Fakultas Kedok-teran Universitas gadjah Mada Yogyakarta.
Supariasa, I Dewa Nyoman. 2013. Pendidikan dan Konsultasi Gizi. Jakarta : EGC
Suparni, Anik. 2014. Hubungan Pelaksanaan Konseling Gizi Dengan Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Skripsi : Program Studi S1 Gizi Universitas Muhammadiyah Sura¬¬kar¬ta. Online version http:// eprints.ums.ac.id/32162/. Diakses tanggal 15 Mei 2018
Published
2020-06-22
How to Cite
WINOTO, dian kurniawati et al. PEMANFAATAN APLIKASI BERBASIS KOMPUTER COUNSELNUT.MLG UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN KONSELING GIZI DI PUSKESMAS KORWIL TUMPANG KABUPATEN MALANG. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 6, n. 1, p. 39-49, june 2020. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/1533>. Date accessed: 23 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v6i1.1533.