The Effect Of Counseling On Balanced Nutrition Guidelines With Flashcard Media On Knowledge And Attitudes Of Elementary School Students

  • Faizatul Millah Aussie Mahasiswa
  • Hasan Aroni Poltekkes Kemenkes Malang
  • Astutik Pudjirahaju Poltekkes Kemenkes Malang

Abstract

Latar belakang : Perbandingan anak yang mengalami obesitas pada 2018 adalah 1 : 5.  Anak dengan obesitas berpotensi menderita penyakit tidak menular.  Salah satu faktor yang memengaruhi adalah pengetahuan dan sikap pemilihan makanan.  Oleh karena itu, diperlukan peningkatan pengetahuan dan sikap melalui penyuluhan pedoman gizi seimbang dengan media yang menarik dan mudah dipahami seperti flashcard.  Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh penyuluhan pedoman gizi seimbang dengan media flashcard terhadap pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar.  Metode : Literature review dengan metode Scoping Review (menggunakan PRISMA framework).  Literatur mengenai pengaruh penyuluhan pedoman gizi seimbang dengan media flashcard terhadap pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar diperoleh dari Google Scholar kemudian dilakukan analisis.  Hasil : Terdapat 8 jurnal yang dianalisis mengenai pengaruh penyuluhan pedoman gizi seimbang dengan media flashcard terhadap pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar.  Sebanyak 8 jurnal menyatakan nilai rata-rata pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan menunjukkan perbedaan (p < 0,05), selisih rata-rata tertinggi 34,84 dengan frekuensi penyuluhan 1 kali.  Sebanyak 3 dari 4 jurnal menyatakan nilai rata-rata sikap sebelum dan sesudah penyuluhan menunjukkan perbedaan (p < 0,05), selisih rata-rata tertinggi 17,8 dengan frekuensi penyuluhan 3 kali.  Kesimpulan : Ada pengaruh penyuluhan pedoman gizi seimbang dengan media flashcard terhadap pengetahuan dan sikap siswa sekolah dasar.  Frekuensi yang optimal meningkatkan pengetahuan adalah 1 kali penyuluhan sedangkan untuk meningkatkan sikap adalah 3 kali penyuluhan.

Published
2023-10-24
How to Cite
AUSSIE, Faizatul Millah; ARONI, Hasan; PUDJIRAHAJU, Astutik. The Effect Of Counseling On Balanced Nutrition Guidelines With Flashcard Media On Knowledge And Attitudes Of Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Kesehatan, [S.l.], v. 12, n. 2, p. 127 - 136, oct. 2023. ISSN 2442-7993. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/jpk/article/view/3823>. Date accessed: 27 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jpk.v12i2.3823.
Array ( )

Most read articles by the same author(s)