Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.

Author Guidelines

Petunjuk bagi (Calon) Penulis

  1. Artikel yang ditulis untuk Jurnal Keperawatan Terapan (e-journal) ini adalah artikel hasil penelitian di bidang keperawatan seperti keperawatan anak, keperawatan maternitas, keperawatan medikal bedah, keperawatan jiwa dan keperawatan gawat darurat. Artikel berisi ringkasan hasil penelitian yang dilakukan dalam kurun waktu 5 (lima) tahun terakhir.
  2. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia. Naskah diketik dengan program Microsoft Word, huruf Times New Roman, ukuran 12 pts, dengan spasi single
  3. Artikel hasil penelitian ditulis dengan sistematika sebagai berikut: judul, nama peneliti, abstrak dalam bahasa Inggris dan Indonesia disertai dengan kata kunci, pendahuluan, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan, penutup, daftar pustaka.
  4. Judul artikel tidak boleh lebih dari 14 kata. Judul dicetak dengan huruf capital dengan ukuran huruf 14 pts.
  5. Nama penulis artikel ditulis tanpa gelar akademik, disertai lembaga asal, dan ditempatkan dibawah judul artikel. Dalam naskah yang ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus menĀ­cantumkan alamat korespondensi atau e-mail.
  6. Abstrak dan kata kunci ditulis dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris). Panjang masing-masing abstrak 150-200 kata, sedangkan jumlah kata kunci 3-5 kata. Abstrak berisi tujuan, metode dan hasil penelitian.
  7. Bagian pendahuluan berisi latar belakang, konteks penelitian, hasil kajian pustaka, dan tujuan penelitian. Seluruh pendahuluan dipaparkan secara integrasi dalam bentuk paragraph-paragraph, dengan panjang 15-20% dari total panjang artikel.
  8. Bagian metode berisi paparan dalam bentuk paragraph tentang rancangan penelitian, sumber data, teknik pengumpulan data dan analisis data yang nyata dilakukan peneliti, dengan panjang 10-15% dari panjang artikel.
  9. Bagian hasil penelitian berisi paparan hasil analisis yang berkaitan dengan pertanyaan penelitian. Setiap hasil penelitian harus dibahas. Pembahasan berisi pemaknaan hasil dan perbandingan dengan teori dan/ atau hasil penelitian sejenis. Panjang paparan hasil pembahasan 40-60% dari artikel.
  10. Bagian penutup berisi temuan penelitian yang berupa jawaban atas pertanyaan penelitian atau berupa intisari hasil pembahasan dan disajikan dalam bentuk paragraph.
  11. Daftar rujukan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk, dan semua sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Rujukan yang digunakan adalah sumber-sumber primer berupa artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi). Rujukan berupa buku pustaka minimal terbitan 10 tahun terakhir.
  12. Perujukan dan pengutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama akhir, tahun) dengan model APA, contoh: (Tsen, Lin, and Chi 1998) kami merekomendasikan untuk menggunakan reference manager toolseperti Mendeley
  13. Artikel berbahasa Indonesia menggunakan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan
  14. Semua naskah ditelaah secara anonim oleh mitra bestari/penyunting ahli yang ditunjuk oleh ketua penyunting menurut kepakarannya. Satu artikel disunting oleh dua penyunting ahli dan bila kedua penyunting berselisih maka, yang dipakai sebagai bahan pertimbangan adalah rekomendasi dari penyunting ketiga. Penulis artikel diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan (revisi) naskah atas dasar rekomendasi/ saran dari penyunting ahli.
  15. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software computer untuk pembuatan naskah atau hal lainnya yang terkait HaKI yang dilakukan penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis artikel.