PENGARUH PROMOSI PENJUALAN SECARA ONLINE TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SEMPOL IKAN GABUS (Channa striata) SUBSTITUSI TEPUNG TULANG IKAN GABUS SEBAGAI SUMBER KALSIUM UNTUK PENCEGAHAN OSTEOPOROSIS PADA PEREMPUAN
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v14i1.5036Kata Kunci:
promosi penjualan, keputusan membeli, osteoporosis, sempol ikan gabusAbstrak
Terdapat hubungan antara asupan kalsium dengan kepadatan tulang pada perempuan pascamenopause (Hayati, S. dan Herwana, E., 2018). Promosi penjualan berpengaruh terhadap peningkatan penjualan pada perusahaan sepeda motor (Togoldy, E., dkk, 2018). Menganalisis promosi penjualan secara online, menganalisis keputusan membeli, dan menganalisis pengaruh promosi penjualan secara online terhadap keputusan membeli sempol ikan gabus. Jenis penelitian ex post facto desain cross sectional. Populasi penelitian ini adalah perempuan yang melihat iklan produk sempol ikan gabus. Target promosi 30 perempuan berusia 16 – 29 tahun. Sebagian besar responden (45,5%) memberikan penilaian harga produk sempol sangat baik, keterjangkauan harga sangat baik (54,5%), akses informasi produk sempol sangat baik (52,3%), iklan produk sangat baik (50,0%), informasi iklan produk sempol sangat baik (47,7%), jumlah responden melihat iklan sangat baik (61,4%). Sebagian besar responden (61,4%) memberikan penilaian sangat baik bahwa responden membeli produk sesuai dengan keinginan dan sesuai kebutuhan (43,2%), kualitas produk sangat baik (56,8%), kecocokan dengan harapan konsumen sangat baik (52,3%), sangat baik bahwa akan melakukan pembelian ulang (56,8%), dan merekomendasikan produk pada teman (59,1%). Responden yang menilai promosi penjualan secara online sangat baik mendapatkan nilai keputusan membeli produk tinggi dan sebaliknya. Terdapat hubungan antara promosi penjualan dengan keputusan membeli sempol ikan gabus.