Indonesia : Perbedaan Pengetahuan Ibu Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Tentang Sayur dan Buah dengan Media Ebooklet serta Hubunganya dengan Konsumsi Anak SD Gizi Lebih di Desa Sambirejo Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek.

Perbedaan Pengetahuan Ibu Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Buah dan Sayur serta Hubunganya dengan Tingkat Konsumsi Anak

  • Puput Ayu Agustiyani Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • I Dewa Nyoman Supariasa
  • B. Doddy Riyadi

Abstract

Latar Belakang: Kurangnya konsumsi buah dan sayur pada anak usia sekolah sesuai anjuran yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO), mereka memiliki kecenderungan obesitas, oleh sebab itu pengetahuan terkait buah dan sayur dibutuhkan sebagai dasar perilaku makan yang baik. Sehingga anak yang mengalami obesitas dapat mengetahui pengertian, kandungan gizi, manfaat, serta akibat kekurangan buah dan sayur, atas dasar itu penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengetahuan tentang buah dan sayur pada anak usia SD yang mengalami obesitas di desa Sambirejo Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat pengetahuan ibu sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan serta hubunganya dengan tingkat konsumsi gizi anak SD gizi lebih. Metode: Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode atau desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pra- eksperimen pre-eksperimental design. Populasi yang di ambil kelas 4 dan kelas 5 sejumlah 89 siswa dengan sampel 31 siswa yang berstatus gizi lebih. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan dan perubahan yang signifikan tingkat pengetahuan ibu sebelum dan sesudah di berikan penyuluhan hasil uji paired t-test 0,000, akan tetapi tidak ada hubunganya antara tingkat pengetahuan ibu dengan tingkat konsumsi energi p-value 0,304 dan serat p-value 1,000 pada anak SD. Kesimpulan: Penyuluhan gizi dengan media ebooklet dapat meningkatkan pengetahuan ibu anak sekolah dasar gizi lebih sebelum dan sesudah intervensi.

References

1. PM Suiraoka, I. P., & Supariasa, I. N. (2012). Media Pendidikan Kesehatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
2. Supriati. (2016). Pengaruh Penyuluhan dengan Metode Ceramah dan Metode Diskusi terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu tentang Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) di Desa Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis Tahun 2016. Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara

3. Wulandari P. 2009. Hubungan Tingkat Pengetahuan Gizi dengan Konsumsi Serat pada Remaja SMA Muhammadiyah I Klaten. Tugas Akhir. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

4. Khomsan, A. (2003). Pangan dan Gizi untuk Kesehatan. Jakarta: Institut Pertanian Bogor.
5. Khomsan, A. (2010). Pangan dan Gizi Untuk Kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
6. Pritasari, Damayanti, D., & Lestari, N. T. (2017). Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Published
2022-12-27
How to Cite
AGUSTIYANI, Puput Ayu; SUPARIASA, I Dewa Nyoman; RIYADI, B. Doddy. Indonesia : Perbedaan Pengetahuan Ibu Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Tentang Sayur dan Buah dengan Media Ebooklet serta Hubunganya dengan Konsumsi Anak SD Gizi Lebih di Desa Sambirejo Kecamatan Trenggalek Kabupaten Trenggalek.. NUTRITURE JOURNAL, [S.l.], v. 1, n. 3, p. 13-18, dec. 2022. ISSN 2828-9552. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/Nutriture/article/view/3739>. Date accessed: 05 feb. 2023. doi: https://doi.org/10.31290/nj.v1i3.3739.
Array ( )