Pengetahuan dan Sikap Siswa Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Gizi Seimbang dengan Media Video Animasi pada Siswa Kelas IV di SDN Sukun 2 Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.31290/nj.v3i2.4072Kata Kunci:
Kata kunci: Pengetahuan; Sikap; Penyuluhan; Gizi Seimbang; Video AnimasiAbstrak
Abstrak
Latar Belakang: Masalah gizi kurang adalah salah satu masalah gizi yang sedang dihadapi oleh negara di dunia termasuk Indonesia. Masalah gizi kurang dapat disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dan penyakit infeksi. Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan dan sikap siswa sebelum dan sesudah penyuluhan gizi seimbang dengan media video animasi pada siswa kelas IV di SDN Sukun 2 Kota Malang. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian pre experimental jenis One Group Pretest Posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei 2023 di SDN Sukun 2 Kota Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Hasil: Nilai rata-rata pengetahuan siswa sebelum dan sesudah penyuluhan gizi seimbang menggunakan media video animasi masing-masing adalah 30 dan 55,75. Nilai rata-rata sikap siswa sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan gizi seimbang menggunakan media video animasi masing-masing adalah 58,93 dan 67,56. Hasil uji Paired Sample T-Test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pengetahuan (p-value=0,000) dan sikap (p-value=0,000) siswa sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan gizi seimbang menggunakan media video animasi. Simpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan dan sikap siswa sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan gizi seimbang dengan media video animasi.
Kata kunci: Pengetahuan; Sikap; Penyuluhan; Gizi Seimbang; Video Animasi
Referensi
Agustin, F. R., Wahyuni, S., & Afandi, A. (2020). Perbedaan Pengetahuan Gizi Seimbang Sebelum Dan Sesudah Pemberian Pendidikan Kesehatan Dengan Video Animasi. Semarang: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ngudi Waluyo.
Agustin, S., Sumardi, & Hamdu, G. (2021). Kajian Tentang Keaktikan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD. Jurnal Pedadidakta : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 8, No.1, 166-176.
Azhari, M. A., & Fayasari, A. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Media Ceramah Dan Video Animasi Terhadap Pengetahuan Sikap Dan Perilaku Sarapan Serta Konsumsi Sayur Buah. Jurnal AcTion: Aceh Nutrition Journal, Vol. 5, No. 1, 55-61.
Badawi, J. A., Pertiwi, R. P., & Dewi, S. E. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Air (Auditory, Intellectualy, Repetition) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Nusa Tenggara. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), Vol.2, No.2, 209-219.
Batbual, B. (2021). Self Management untuk meningkatkan Kinerja Bidan . Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Dewi, N. W., & Teja, N. A. (2022). Edukasi Skrining Prakonsepsi Dengan Video Animasi Pada Wanita Usia Subur. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), Vol.5, No.8, 2758-2767.
Eni, R., Sari, T. H., Yunere, F., Wardani, S. P., Orizani , C. M., Agustiningsih, N., . . . Gero, S. (2022). Psikologi Kesehatan (Teori dan Penerapan). Bandung : Media Sains Indonesia.
Fitriani, Dwiana, S., Umamah, Rizza, Rosmana, Dadang, . . . Eko, G. P. (2019). Penyuluhan Anemia Gizi dengan Media Motion Video terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bandung, Vol.11, No.1, 97-104.
Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2020). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Jurnal Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol.1, No.2, 161-170.
H, D. T., Simanjuntak, B. Y., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Audio Visual (Video) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Gizi Seimbang. Jurnal Kesehatan Poltekkes Ternate, Vol.13, No.1, 19-24.
Harahap, R. A., Aidha, Z., & Siregar, P. A. (2021). Buku Ajar Dasar Promosi Kesehatan. Medan : CV. Merdeka Kreasi Group.
Haris, V. S. (2018). Pengaruh Penyuluhan Dengan Media Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Tentang Makanan Bergizi, Seimbang Dan Aman Bagi Siswa SD 08 Cilandak Barat Jakarta Selatan Tahun 2017. Jurnal Quality Jurnal Kesehatan, Vol.1, No.1 , 38-42.
Khotimah, H., Supena, A., & Hidayat, N. (2019). Meningkatkan Attensi Belajar Siswa Kelas Awal melalui Media Visual. Jurnal Pendidikan Anak, Vol.8, No.1, 17-28.
Muyassaroh, Y., & Isharyanti, S. (2022). Pengaruh Media Audiovisual Dan Booklet “Secantik Tami” (Sehat Dan Cantik Tanpa Anemia) Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remajatentang Anemia Premarital. Jurnal Kesehatan Madani Medika, Vol.11, No.2, 129-138.
Nailiah, I. M., & Saputra, E. R. (2022). Pengembangan Media Ict Berbasis Video Animasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, Vol.6, No.1, 8-15.
Nasrah, Rahmadhani, S., Suriah, Syafar, M., Salam, A., 'Amawati, N., & Farid, J. A. (2020). Komunikasi dan Perubahan Perilaku. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Notoatmodjo, S. (2010). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Nursalam, & Efendi, F. (2012). Pendidikan dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Par'i, H. M., Wiyono, S., & Harjatmo, T. P. (2017). Penilaian Status Gizi. Jakarta: Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Mnausia Kesehatan Edisi Tahun 2017.
Pramadewi, N. M., Kayanaya, A. R., & Agusjaya, I. (2019). Hubungan Pengetahuan, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dan Asupan Gizi Makro Dengan Status Gizi Siswa SD Negeri 5 Sanur Denpasar. E-Journal Poltekkes Denpasar , 1-10.
Rahmayanti, L., & Istianah, F. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Se-Gugus Sukodono Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol.06, No.4, 429-439.
Sabhita, D., Winarni, S., & Djuwadi, G. (2022). Pengaruh Edukasi Menggunakan Video Tentang HIV/AIDS Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Di Kecamatan Sananwetan. Jurnal Pendidikan Kesehatan, Vol.11, No.2, 139-147.
Sari, E., & Pohan, K. R. (2023). Pengaruh Kesiapan Belajar Dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Ips Sma Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Tarombo Pendidikan Sejarah IPTS, Vol. 4, No.1, 14-19.
Sinaga, T. R., Hasanah, L. N., Shintya, L. A., Faridi, A., Kusumawati, I., Koka, E. M., . . . Harefa, K. (2022). Gizi dalam Siklus Kehidupan . Medan: Yayasan Kita Menulis.
Solichatin, Mandarana, M., Hafid, F., Pangestika, W., Kusuma, T. U., Sulistiani, R. P., . . . Sada, M. (2022). Ilmu Gizi Dasar. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Grup.
Supariasa, I. D. (2012). Pendidikan dan Konsultasi Gizi . Jakarta: EGC.
Syakir, S. (2018). Pengaruh Intervensi Penyuluhan Gizi Dengan Media Animasi Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Tentang Anemia Pada Remaja Putri . Jurnal ARGIPA, Vol.3, No.1, 18-25.
Vishakha, S.S., & Yogendra, M. (2019). Animation : A Learning Tool. Novateur Publications JournalNX, 261-265..
Yumnah, S., Rahma, F. I., Rahmadi, Gule, Y., Nasucha, J. A., Laila, I. N., . . . Khoiriyati, S. (2022). Bunga Rampai Psikologi Pendidikan. Surabaya: Cipta Media Nusantara.




