UPAYA PEMBERDAYAAN KADER DAN IMPLEMENTASI PADA KELUARGA DALAM OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GRIBIG KOTA MALANG

  • susi milwati poltekkes malang
  • Wahyuningsri Wahyuningsri Poltekkes Kemenkes Malang, Jalan Besar Ijen No 77 C Malang, Jawa Timur

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menambah pengalaman kader dan keluarga dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak yang mengalami kekurangan gizi. Sasaran pengabdian masyarakat ini adalah anak usia balita yang menunjukkan tingkat gizi kurang. Strategi kegiatan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat melalui pemberian edukasi dengan pelatihan dan pendampingan pada kader posyandu, penyuluhan kesehatan, pemeriksaan faeces, observasi peran keluarga, menimbang berat badan anak, memantau perkembangan anak serta pemberian makanan tambahan. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa seluruh anak mengalami kenaikan berat badan antara 100-600 gram, hampir seluruhnya perkembangan anak sesuai dengan usia, satu anak masih meragukan, seluruh anak tidak ditemukan telur cacing. Pemberdayaan kader dan keluarga sangat diperlukan untuk memantau status gizi anak dan tumbuh kembang anak supaya anak yang mengalami gangguan dapat segera mendapat bantuan dari Puskesmas dan partispasi dari masyrakat.

Published
2018-05-22
How to Cite
MILWATI, susi; WAHYUNINGSRI, Wahyuningsri. UPAYA PEMBERDAYAAN KADER DAN IMPLEMENTASI PADA KELUARGA DALAM OPTIMALISASI TUMBUH KEMBANG ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GRIBIG KOTA MALANG. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), [S.l.], v. 2, n. 1, p. 30-35, may 2018. ISSN 2613-9383. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/idaman/article/view/337>. Date accessed: 19 apr. 2024.
Array ( )

Most read articles by the same author(s)