Implementation Of Rational Emotive Behavior Therapy In Overcoming Anxiety In Hypertension Patients

  • Susi Milwati POLTEKES Malang
  • Swito Prastiwi Poltekkes Kemenkes Malang
  • Leni Saragih Poltekkes Kemenkes Malang

Abstract

Tahun 2018 terdapat 3.996 orang dengan hipertensi, jumlah pasien laki-laki 1.584 orang dan jumlah pasien perempuan 2.412 orang (catatan medik Puskesmas Mojolangu, 2018).  Saat ini upaya penanggulangan penyakit hipertensi belum menempati skala prioritas utama dalam pelayanan kesehatan, walaupun diketahui dampak negatif yang ditimbulkannya cukup besar antara lain stroke untuk otak, penyakit jantung koroner untuk pembuluh darah jantung dan untuk otot jantung. Berdasarkan hasil penelitian di kelurahan Mojolangu (Susi Milwati, 2019) ditemukan: tekanan darah  yang naik turun karena setiap hari minum kopi, tidak ada diet khusus, suka makan asin, olah raga tidak pernah dilakukan. Upaya yang dilakukan dalam menanggulangi penyakit hipertensi dengan cara berobat, tapi tidak rutin karena lupa,  merasa jenuh dan harus minum obat setiap hari. Hal ini ditambah dengan stres karena tekanan darah yang tidak stabil. Sebagian besar mengeluh merasa cemas dengan penyakitnya,  sudah minum obat tapi tekanan darah tidak stabil-stabil, bahkan cenderung terjadi peningkatan.  Untuk mengatasi kecemasan tersebut, dilakukan  dengan melatih serta memberikan konseling dengan metode REBT kepada 35 ibu-ibu,  di kelurahan Mojolangu.  Teknik pengumpulan data dengan observasi, kuesionar, wawancara. Dalam mengukur pengetahuan diberikan soal tentang hipertensi,  mengukur kecemasan digunakan skala HARS.  Therapy rational emotive behavior untuk mengatasi kecemasan pada klien hipertensi dilakukan 4x pertemuan dengan 4 tahapan. Hasil akhir dari proses konseling terjadi perubahan pada diri klien kearah yang lebih baik,  kecemasan klien menurun menjadi tingkat kecemasan ringan. Metode REBT layak dipakai sebagai salah satu pendekatan untuk mengatasi kecemasan pasien ibu-ibu dengan hipertensi.

References

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Jakarta: Rineka Cipta, 1996)
Astutik, Sri, Pengantar Bimbingan dan Konseling, (Surabaya: UINSA Press, 2014)
Bungin, Burhan, Metode Penelitian Sosial: Format-format Kuantitatif, (Surabaya: UNAIR, 2012)
Bungin, Burhan Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi (Format-format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Publik, Komunikasi, Manajemen dan Pemasaran, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013)
Corey, Gerald, Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi (Bandung: Refika Aditama, 2005)
Denzin, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010) Fausiah, Fitri, Julianti Widury, Psikologi Abnormal, (Jakarta: UI-Press, 2005) Feldman, Robert S, Pengantar Psikologi, (Jakarta: Salemba Humanika, 2012) Halgin, Richard P, Susan Krauss Whitbourne, Psikologi Abnormal, (Jakarta:
Salemba Humanika, 2010)
J Moloeng, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Rosda Karya, 2009)
Kartono, Kartini, Patologi Sosial 3: Gangguan-gangguan Kejiwaan, (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014)
King, Laura A., Psikologi Umum, (Jakarta: Salemba Humanika, 2010)
Laela, Faizah Noer, Bimbingan Konseling Sosial, (Surabaya: UINSA Press, 2014) Lubis,NamoraLumongga,Memahami Dasar-DasarKonseling (Jakarta:
Kencana, 2011)
Mappiare, Andi, Pengantar Konseling dan Psikoterapi (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2011)
Marzuki, Metodologi Riset, (Yogyakarta: BPFE, 2002)
Notosoedirdjo, Moeljono, Latipun, Kesehatan Mental, (Malang: UMM Press, 2014
Published
2021-10-26
How to Cite
MILWATI, Susi; PRASTIWI, Swito; SARAGIH, Leni. Implementation Of Rational Emotive Behavior Therapy In Overcoming Anxiety In Hypertension Patients. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), [S.l.], v. 5, n. 2, p. 137-152, oct. 2021. ISSN 2613-9383. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/idaman/article/view/2375>. Date accessed: 29 mar. 2024.
Array ( )