THE EFFECT OF BENSON RELAXATION ON SLEEP DISORDERS IN THE ELDERLY WITH HYPERTENSION IN THE KENDALSARI HEALTH CENTER WORK AREA

  • Adelia Novalina Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Imam Subekti
  • Tri Cahyo Sepdianto

Abstract

Hipertensi merupakan penyakit tidak menular yang menjadi salah satu penyebab kematian primer di dunia. Pasien dengan hipertensi umumnya mempunyai kualitas tidur yang buruk, jika pasien hipertensi memiliki kualitas tidur yang buruk maka akan mempengaruhi tekanan darah pasien. Terapi relaksasi benson bisa dijadikan metode penatalaksanaan non farmakologis bertujuan untuk meningkatkan pemenuhan kebutuhan istirahat dan tidur dan membantu meningkatkan kualitas tidur lansia. Tujuan penelitian ini untuk mengatahui pengaruh relaksasi relaksasi benson terhadap gangguan pola tidur lansia dengan hipertensi. Desain penelitian quasy eksperimental dengan pendekatan pre-test post-test design with control group. Metode pengambilan Sampel yang digunakan yaitu purposive sampling dengan 30 responden sebagai sampel. Analisis yang digunkan dalam penelitian adalah univariate dan bivariate dengan mengunakan Uji Wilcoxon . Hasil dari perhitungan Wilcoxon Signed Rank Test, dengan hasil signifikan 0,001. Yang artinya Ha diterima sehingga dapat disimpulkan pada kelompok intervensi ada pengaruh terapi relaksasi benson terhadap gangguan pola tidur lansia hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kendalsari. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan variabel lain atau faktor lain yang dihubungkan dengan teknik relaksasi benson.


 

Published
2023-06-23
How to Cite
NOVALINA, Adelia; SUBEKTI, Imam; SEPDIANTO, Tri Cahyo. THE EFFECT OF BENSON RELAXATION ON SLEEP DISORDERS IN THE ELDERLY WITH HYPERTENSION IN THE KENDALSARI HEALTH CENTER WORK AREA. Jurnal Keperawatan Terapan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 31-37, june 2023. ISSN 2442-6873. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JKT/article/view/3412>. Date accessed: 24 june 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jkt.v9i1.3412.