Integrasi Modul Edukasi Dalam Program Promosi Kesehatan Untuk Pencegahan Penyakit Jantung Koroner.
Abstract
Penyakit jantung koroner (PJK) merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas global, dengan prevalensi yang terus meningkat, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Edukasi kesehatan berperan penting dalam pencegahan PJK, namun masih terdapat tantangan dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terkait faktor risiko dan upaya preventif. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas modul edukasi berbasis bukti dalam meningkatkan pengetahuan dan perubahan perilaku preventif terhadap PJK di layanan kesehatan primer. Menggunakan desain kuasi-eksperimental pretest-posttest tanpa kelompok kontrol, penelitian ini melibatkan 30 responden di Puskesmas Pandanwangi, Kota Malang. Modul edukasi mencakup materi mengenai faktor risiko PJK, pola makan sehat, aktivitas fisik, dan manajemen stres. Hasil analisis dengan Paired t-Test menunjukkan peningkatan signifikan dalam skor pengetahuan dari 46,0 menjadi 83,2 (80,9%). Perubahan perilaku juga teridentifikasi, termasuk peningkatan konsumsi buah dan sayur (40% menjadi 70%), aktivitas fisik teratur (30% menjadi 65%), serta kemampuan manajemen stres (20% menjadi 55%). Sebanyak 96,7% responden menilai modul sangat informatif dan relevan. Hasil ini menunjukkan bahwa modul edukasi berbasis bukti efektif dalam meningkatkan pemahaman serta perilaku preventif PJK, sehingga direkomendasikan untuk diintegrasikan dalam layanan kesehatan primer.
References
Halldorsdottir, H., Thoroddsen, Á., & Ingadóttir, B. (2020). Impact of technology-based patient education on modifiable cardiovascular risk factors of people with coronary heart disease: A systematic review. Patient Education and Counseling, 103(10), 2018-2028. https://doi.org/10.1016/j.pec.2020.05.027
Huang, C., Yang, S., & Chiang, C. (2020). The associations between individual factors, eHealth literacy, and health behaviors among college students. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(6), 2108. https://doi.org/10.3390/ijerph17062108
Lyall, D., Celis?Morales, C., Ward, J., Iliodromiti, S., Anderson, J., Gill, J., … & Pell, J. (2017). Association of body mass index with cardiometabolic disease in the UK Biobank. JAMA Cardiology, 2(8), 882. https://doi.org/10.1001/jamacardio.2016.5804
McClatchey, K., Marsh, V., Steed, L., Holmes, S., Taylor, S., Wiener-Ogilvie, S., … & Pinnock, H. (2022). Developing a theoretically informed education programme within the context of a complex implementation strategy in UK primary care: An exemplar from the IMP2ART trial. Trials, 23(1). https://doi.org/10.1186/s13063-022-06147-6
Ni, Y., Yu, W., Bao, Y., Xu, Y., Chen, Z., Yang, X., … & You, G. (2022). Nurses’ perspectives on the barriers to and facilitators of the implementation of secondary prevention for people with coronary heart disease: A qualitative descriptive study. BMJ Open, 12(9), e063029. https://doi.org/10.1136/bmjopen-2022-063029
Sethi, N., Safi, S., Korang, S., Hróbjartsson, A., Skoog, M., Gluud, C., … & Jakobsen, J. (2021). Antibiotics for secondary prevention of coronary heart disease. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2021(5). https://doi.org/10.1002/14651858.cd003610.pub4
World Health Organization (WHO). (2021). Cardiovascular diseases (CVDs). Retrieved from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/cardiovascular-diseases-(cvds)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.