Integrasi Modul Edukasi Berbasis Cetak Dan Terapi Berpikir Positif Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Perilaku Pencegahan Hipertensi Pada Ibu Hamil.
Abstract
Hipertensi dalam kehamilan merupakan penyebab utama morbiditas dan mortalitas maternal serta perinatal. Pencegahan kondisi ini memerlukan pendekatan yang efektif dan dapat diterapkan di layanan kesehatan primer. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas modul edukasi berbasis cetak yang dikombinasikan dengan terapi berpikir positif dalam meningkatkan pengetahuan, perilaku pencegahan hipertensi, serta mengurangi kecemasan ibu hamil. Menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan pretest-posttest tanpa kelompok kontrol, penelitian ini melibatkan 30 ibu hamil di Puskesmas Dinoyo, Kota Malang, yang dipilih secara purposive. Intervensi dilakukan selama empat minggu melalui pemberian modul edukasi cetak dan sesi terapi berpikir positif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan ibu hamil terkait pencegahan hipertensi, dengan skor pretest 60,5 meningkat menjadi 85,3 (p < 0,001). Perubahan perilaku kesehatan terlihat dari peningkatan konsumsi makanan rendah garam (40% menjadi 80%), aktivitas fisik ringan (30% menjadi 75%), serta penerapan teknik manajemen stres (25% menjadi 70%). Selain itu, 85% responden mengalami penurunan kecemasan, dan 90% merasa lebih percaya diri menghadapi kehamilan. Modul edukasi cetak yang dikombinasikan dengan terapi berpikir positif terbukti efektif dalam meningkatkan literasi kesehatan, perubahan perilaku, dan kesejahteraan emosional ibu hamil. Integrasi intervensi ini dalam program kesehatan maternal di layanan kesehatan primer direkomendasikan untuk menekan angka kejadian hipertensi kehamilan.
References
Lähdepuro, A., Lahti?Pulkkinen, M., Pyhälä, R., Tuovinen, S., Lahti, J., Heinonen, K., … & Räikkönen, K. (2022). Positive maternal mental health during pregnancy and mental and behavioral disorders in children: A prospective pregnancy cohort study. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 64(5), 807-816. https://doi.org/10.1111/jcpp.13625
Lanfer, H., Reifegerste, D., & Kargbo, S. (2021). Collecting quantitative experimental data from a non-WEIRD population: Challenges and practical recommendations from a field experiment in rural Sierra Leone. BMC Research Notes, 14(1), 1-8. https://doi.org/10.1186/s13104-021-05828-w
Marcolino, M. S., Oliveira, J. A. Q., D’Agostino, M., Ribeiro, A. L. P., Alkmim, M. B. M., & Novillo-Ortiz, D. (2018). The impact of mHealth interventions: Systematic review of systematic reviews. JMIR mHealth and uHealth, 6(1), e23. https://doi.org/10.2196/mhealth.8873
Ribeiro, G., Oliveira, I., Araújo, C., Sousa, D., & Almeida, A. (2022). Diabetes gestacional: Aspectos relacionados ao diagnóstico, risco e tratamento. Research Society and Development, 11(16), e294111638457. https://doi.org/10.33448/rsd-v11i16.38457
Sharma, M., Khanal, S., Adhikari, R., & Acharya, J. (2021). Maternal health care services in Nepal: A qualitative perspective based on the socio-ecological model. Journal of Health Promotion, 9(01), 42-54. https://doi.org/10.3126/jhp.v9i01.40961
Sidiq, R., Widdefrita, W., Silaban, E., Nadira, N., Handayani, M., & Lubis, H. (2022). The effectiveness of self-management book in patients with diabetes mellitus. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 18(1), 34-43. https://doi.org/10.14710/jpki.18.1.34-43
Taha, Z., Hassan, A., Wikkeling-Scott, L., & Papandreou, D. (2020). Factors associated with preterm birth and low birth weight in Abu Dhabi, the United Arab Emirates. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(4), 1382. https://doi.org/10.3390/ijerph17041382
Tutuba, H., Jonathan, A., Lloyd, W., Masamu, U., Marco, E., Makani, J., … & Balandya, E. (2022). Predictors of the effectiveness of health education intervention and infant diagnosis for sickle cell disease among pregnant women attending antenatal clinics in Dar-es-Salaam, Tanzania: A quasi-experimental study. Research Square. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-1964340/v1

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.