HUBUNGAN FAKTOR TEKNOLOGI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DI RSUD CIAMIS

  • ULFAH FAUZIAH POLTEKKES KEMENKES TASIKMALAYA
  • Riadho Iskandar
  • Fadhila Azhar Amany

Abstract

Latar belakang; Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 82 tahun 2013 tentang sistem Infomasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) mengatur bahwa setiap rumah sakit wajib menyelenggarakan SIMRS serta melakukan pembinaan dan pengawasan, sehingga rumah sakit di Indonesia wajib menerapkan SIMRS untuk meningkatkan pelayanan kesehatan. SIMRS yang diterapkan pada rumah sakit harus memberikan kemudahan dalam membantu proses pelayanan rumah sakit. Peninjauan kepuasan pengguna SIMRS di rumah sakit sangatlah penting untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan penggunaan SIMRS adalah faktor teknologi yang terdiri dari aspek kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan.


Subjek dan Metode; Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional dan memiliki 3 variabel independen terhadap 1 variabel dependen menggunakan uji Rank Spearman. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna SIMRS sebanyak 45 orang. Adapun yang menjadi sampel sebanyak 45 orang berasal dari unit rekam medis, tempat pendaftaran rawat jalan, pendaftaran gawat darurat dan admisi di RSUD Ciamis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Model Human, Organization and Technology Fit menggabungkan Delone and Mccelean IS Success Model dengan IT Organization Fit.


Hasil; Secara umum gambaran karakteristik responden menunjukkan mayoritas responden memiliki karakteristik sebagai berikut: berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 27 responden (60%), rentang usia 31-40 tahun yaitu sebanyak 18 responden (40%), masa kerja ?<10 tahun yaitu sebanyak 22 responden (49%), dan pendidikan terakhir S1 yaitu sebanyak 16 responden (36%). Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian dari aspek human didominasi dengan kategori setuju yakni sebanyak 86% pada pernyataan bahwa SIMRS mudah digunakan dan SIMRS dapat membuat pegawai berinteraksi dengan fleksibel, dari aspek organization didominasi dengan kategori setuju sebesar 90,7% ada pada pernyataan bahwa dukungan unit kerja yang baik dapat membuat pemanfaat SIMRS menjadi baik pula, dari aspek technology menunjukkan bahwa, jumlah persentase terbesar pada kategori setuju sebesar 88,4% ada pada pernyataan bahwa SIMRS dapat menyediakan informasi yang bermanfaat bagi lintas sektoral, dari aspek net benefit menunjukkan bahwa, jumlah persentase terbesar pada kategori setuju sebesar 95,3% ada pada pernyataan bahwa SIMRS dapat meningkatkan produktifitas, dari kepuasan pengguna menunjukkan bahwa, jumlah persentase terbesar pada kategori setuju sebesar 79,1% ada pada pernyataan bahwa SIMRS dapat membantu dalam pengambilan keputusan.


Kesimpulan; Karakteristik pengguna SIMRS terbanyak pada kelompok umur 31-40 tahun, jenis kelamin laki-laki, latar belakang pendidikan S1. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian penilaian kepuasan pengguna dari aspek human, orgnanization, technology, net benefit penggunaan SIMRS termasuk dalam kategori setuju. Berdasarkan hasil uji rank spearman aspek human, organization, technology, dan net benefit berhubungan secara positif dengan kepuasan pengguna dan memiliki derajat hubungan yang kuat.

Published
2024-11-20
How to Cite
FAUZIAH, ULFAH; ISKANDAR, Riadho; AMANY, Fadhila Azhar. HUBUNGAN FAKTOR TEKNOLOGI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT (SIMRS) DI RSUD CIAMIS. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 10, n. 2, p. 1-12, nov. 2024. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/4891>. Date accessed: 22 jan. 2025. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v10i2.4891.