Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Tingkat Kepuasan Petugas SIMRS di RS Jasa Kartini

  • ULFAH FAUZIAH POLTEKKES KEMENKES TASIKMALAYA
  • AYU RAHAYU LESTARI Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya
  • ARI SUKAWAN
  • ANNISA PUJI ASTUTI
  • CLARENZA PUTRI OKTAVIANI
  • TAUFIQ GUNAWAN RAKSADINATA

Abstract

Permenkes RI Nomor 82 tahun 2013 mengenai SIMRS mengatur agar masing-masing instansi kesehatan hendaknya melaksanakan pelayanan SIMRS, dengan melaksanakan penguatan serta inspeksi agar tiap-tiap instansi kesehatan di negara ini perlu melaksanakan pelayanan SIMRS guna peningkatan layanan kesehatan. Tujuan penelitian untuk melihat deskripsi pengetahuan, sikap dan tingkat kepuasan petugas SIMRS memanfaatkan metode EUCS atau End User Computing Satisfaction. Jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengguna SIMRS sebanyak 49 orang. Adapun yang menjadi sampel sebanyak 49 orang berasal dari unit rekam medis, tempat pendaftaran rawat jalan, pendaftaran gawat darurat dan admis. Hasil penelitian berupa presentase karakteristik responden terbanyak yakni pada kelompok umur 26-35 tahun,  jenis kelamin perempuan, latar belakang pendidikan Akademi/D3, dan terdapat beberapa responden yang belum melakukan pelatihan terkait penggunaan SIMRS. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil penelitian penilaian tingkat pengetahuan dan sikap tindakan penggunaan SIMRS termasuk dalam kategori baik serta kepuasan petugas SIMRS dengan metode EUCS, pada kelima kategori yaitu kategori isi, kekauratan, struktur, kemudahan dalam penggunaan dan ketepatan waktu masing-masing dimensi memiliki rata-rata nilai pada level memuaskan.

References

[1] Kemenkes, “Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2013 Tentang Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit.” 2013.
[2] D. D. Hutagalung, “Evaluasi Kinerja Sistem Informasi Pasien Rawat Jalan Klinik Yasa Husada Menggunakan Pieces Framewor,” J. Teknol. Inf. ESI, vol. XII(01), 2018.
[3] B. B. Beny, “Evaluasi penerapan sistem informasi manajemen rumah sakit (simrs) di rsud praya kabupaten lombok tengah nusa tenggara barat,” J. Inf. Syst. Public Heal., vol. 5, no. 3, hal. 13, 2021, doi: 10.22146/jisph.41428.
[4] W. J. Doll dan G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., hal. 259–274, 1988.
[5] M. I. N. Ardiansyah, “Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Aplikasi Sister for Student Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction,” 2019.
[6] W. M. Hartini, “Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Model End User Computing Satisfaction Di Rsud Panembahan Senopati Bantul,” J. Ilmu Kesehat. Bhakti Setya Med., vol. 3, no. September, hal. 30–42, 2019, doi: 10.56727/bsm.v3i.32.
[7] G. Alfiansyah, A. S. I. Fajeri, M. W. Santi, dan S. J. Swari, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo,” J. Heal. Res. Forikes Voice, vol. 11(3), hal. 258–263, 2020.
[8] S. Notoatmodjo, Metodologi Penelitian Kesehatan, Revisi cet. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2018.
[9] S. Notoatmodjo, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
[10] Y. E. Simanjuntak, “Gambaran pengetahuan, sikap, dan tindakan pekerja pada bagian produksi mengenai penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) di PT. Toba Pulp Lestari Porsea tahun 2012,” Fak. Kesehat. Masyarakat, Univ. Sumatera Utara, Medan, 2012.
[11] R. S. Kaplan dan Norton, Balanced Scorecard: Translating Strategy Into Action. Harvard Business School Press, 1999.
[12] D. Barsasella, Sistem Informasi Kesehatan. Jakarta: Mitra Wacana Medika, 2012.
[13] A. H. Burhan dan W. M. Hartini, “valuasi Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Menggunakan Model End User Computing Satisfaction di RSUD Panembahan Senopati Bantul,” Bhakti Setya Med., vol. 3(1), hal. 30–42, 2018
Published
2023-12-07
How to Cite
FAUZIAH, ULFAH et al. Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Tingkat Kepuasan Petugas SIMRS di RS Jasa Kartini. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 9, n. 2, p. 172-180, dec. 2023. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/4219>. Date accessed: 03 mar. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v9i2.4219.