TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP WEBSITE PENDAFTARAN ONLINE RAWAT JALAN MENGGUNAKAN METODE END USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS) DI RSUD SINGAPARNA MEDIKA CITRAUTAMA (SMC)
Abstract
Latar Belakang: Beriringan berkembangnya teknologi informasi, pemerintah dewasa ini membuat sistem baru yaitu sistem pendaftaran online, yang bermaksud memudahkan registrasi pasien, mengurangi jumlah antrian untuk mendapatkan nomor antrian. Pendaftaran online di RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC) dalam pelaksanaanya masih menyisakan permasalahan seperti mengalami kesalahan saat dijalankan, pendaftaran online harus memenuhi standar agar pasien merasa puas dengan pendaftaran online, karena kepuasan pasien ialah bagian indikator kualitas pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap website pendaftaran online rawat jalan menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) di RSUD Singaparna Medika Citrautama (SMC).
Subjek dan Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Pemilihan sampel memakai incidental sampling dengan sampel 97 pasien. Pengambilan data menggunakan lembar kuesioner. Analisis data yang dipakai dalam analisis yaitu univariat.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian, tingkat kepuasan berdasarkan dimensi isi yaitu sangat puas sebesar 18,6% dan puas 74,2%, dimensi keakuratan sangat puas sebesar 27,8% dan puas 58,8%, dimensi bentuk sangat puas sebesar 18,6% dan puas 72,2%, dimensi kemudahan sangat puas sebesar 29,9% dan puas 66%, dan dimensi ketepatan waktu sangat puas sebesar 20,6% dan puas 76,3%.
Kesimpulan: Kepuasan pasien terhadap website pendaftaran online menunjukkan hasil yang baik, meskipun masih terdapat permasalahan dalam penggunaannya yaitu terjadinya error.
References
Adrianti, Hera, dan Hosizah. 2018. “Pengaruh Faktor End User Computing Satisfaction ( EUCS ) Terhadap Manfaat Nyata Pengguna Sistem Informasi Elektronik ( E-Puskesmas ) di Puskesmas Sawah Besar Jakarta.” Indonesia of Health Information Management Journal 6(2): 63–69.
Alfiansyah, Gamasiano, Sifail Andar Fajeri, Weka Maya Santi, dan Juwita Selvia Swari. 2020. “Evaluasi Kepuasan Pengguna Electronic Health Record (EHR) Menggunakan Metode EUCS (End User Computing Satisfaction) di Unit Rekam Medis Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo.” Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes 11(3): 258–63.
Azzahrah, Fitri, Yesica Aprillia, Putri Adian, dan Wasis Budiarto. 2020. “Analisis Kepuasan Pengguna Mobile E-Health berdasarkan Metode End User Computing Satisfaction (Studi di 5 Puskesmas di Kota Surabaya) Mobile E-Health Satisfaction Analysis based on End User Computing Satisfaction Method (Study in 4 Primary Healthcare Cent.” Jurnal Kesehatan 11(3).
Doll J, William, dan Gholamreza Torkzadeh. 2013. “The Measurement of End-User Computing Satisfaction.” MIS Q 12(2): 259–74.
Habibi, Alpan, Fauzan Hakim, dan Fanny Sylvia Azizi. 2019. “Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan Di RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh.” Jurnal JKFT: Universitas Muhamadiyah Tangerang 4(2).
Kristina, Pendrita Jennie, Tavip Dwi Wahyuni, dan Wahidyanti Rahayu H. 2017. “Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Pengguna BPJS Di RSI G Kabupaten Malang.” Nursing News 2(3): 310–20.
Listyorini, Puguh Ika, dan Rezky Paska Kalbuadi. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecepatan Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta.” Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis dan Informatika Kesehatan 7(2): 36–43.
Menkes RI. 2007. “Izin Praktik dan Pelaksanaan Praktik Kedokteran.”
Menkes RI. 2019. “Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.” (1107): 1–106.
Muhammad, Diki, Almasyhuri, dan Lusi Agus Setiani. 2020. “Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi.” Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi 4(2): 174–86.
Muhith, Abdul, Sandu Siyoto, dan Risna Elvia Rahmah. 2017. “Hubungan Karakteristik Pasien Pengguna Kartu BPJS Dengan Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Deket Kabupaten Lamongan.” Medica Majapahit 9(1): 72–83.
Rizal, Achmad, dan Agus Jalpi. 2018. “Analisis Faktor Internal Penentu Kepuasan Pasien Puskesmas Kota Banjarmasin.” Al Ulum Sains dan Teknologi 4(1): 1–6.
Rumana, Nanda Aula et al. 2021. “Kepuasan Pasien terhadap Aplikasi Pendaftaran Online Menggunakan Metode EUCS ( End User Computing Satisfaction ) di RSUP Fatmawati.” Journal of Hospital Management 4(1).
Septian, Esa. 2021. “Penerapan Sistem Pelayanan Aplikasi Pendaftaran Online di Rumah Sakit Umum Pusat Dr . Sardjito Yogyakarta.” Matra Pembaruan 5(1): 53–64.
Tami, Yuni, Sumarni, dan Raden Jaka Sarwadhamana. 2021. “Implementasi Pendaftaran Online Pasien Rawat Jalan terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Nur Hidayah Bantul.” Indonesian Journal of Hospital Administration 4(2).