PENGARUH MEDIA PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN

  • Dimas Dwi Yoga Saputra Poltekkes Malang
  • wandi -
  • Rahmadhani Dwi Aditya
  • Ganif Djuwadi
  • Diniyah Kholidah

Abstract

Latar Belakang: Kebersihan tangan yang cermat dapat mengurangi risiko penularan penyakit dari tangan dan infeksi dari orang ke orang. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media pembelajaran kahoot terhadap pengetahuan tentang cuci tangan pakai sabun pada anak kelas 5 di SDN III Gunungjati di Kecamatan Jabung Kabupaten Malang.


Subjek dan Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, desain penelitian pra-eksperimen dengan pendekatan one-group pre-test-post-test. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 5 SDN III Gunungjati yang berjumlah 22 siswa Pengambilan sampel dengan teknik total sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuisioner.


Hasil Pengetahuan sebelum di berikan perlakuan adalah 18 siswa (81,8%) dengan kriteria baik 2 siswa (9,1%) dengan kriteria cukup dan 2 siswa (9,1%) dengan kriteria kurang, sementara itu setelah di berikan perlakuan berupa media pembelajaran kahoot tentang cuci tangan pakai sabun jumlah siswa yang memiliki kriteria cukup dan kurang mengalami peningkatan dengan hasil 22 (100%) siswa mendapakan hasil baik semua.


Keseimpulan: Ada pengaruh penggunaan media pembelajaran kahoot terhadap pengetahuan cuci tangan pakai sabun pada siswa. Dengan demikian maka media pembelajaran kahoot efektif untuk meningkatkan pengetahuan tentang cuci tangan pakai sabun.

References

Amareta, D. I. (2017). Penyuluhan Kesehatan dengan Metode Emo Demo Efektif Meningkatkan Praktik CTPS di MI Al-Badri Kalisat Kabupaten Jember. Ristekdikti, 246– 250.
Andre. (2018). pedoman penggunaan kahoot

Barus, & Soedewo. (2018). Penggunaan Media Kahoot! Dalam Pembelajaran Struktur Bahasa Inggris Studi Kasus: Mahasiswa Sekolah Vokasi Institut Pertanian Bogor. Bandung: Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat, FEMA, IPB

berbasis digital game based learning dalam mengahadapi era revolusi industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Universitas Muria Kudus (pp. 1-7).

Depkes Rl . 2011. Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat, Jakarta : Depkes RI.

Ilmiyah, N. H., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh media Kahoot dan motivasibelajar terhadap hasil belajar siswa. JIEET (Journal of Information Engineering and Educational Technology), 3(1), 46-50.

Kemenkes RI (2026). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat IRT. Jakarta: Kementrian Kesehatan Provinsi Jawa Timur.

Listyarini, A. D. (2017). Penyuluhan dengan media audio visual meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat anak usia sekolah. Jurnal stikes cendekia utama kudas. 112-117.

Notoatmodjo, S., 2014, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. 2012. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Prasko, P., Santoso, B., & Sutomo, B. (2016). penyuluhan metode audio visual dan demonstrasi terhadap pengetahuan menyikat gigi pada anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Gigi, 3(2), 53-57.

Putri, A. R., & Muzakki, M. A. (2019). implemetasi kahoot sebagai media pembelajaran

RI, kementerian kesehatan. (2011). Pusat Data Dan Informasi Kementrian Kesehatan RI. Jakarta Selatan

Sulastri, K., Purna, I. N., & Suyasa, I. N. (2013). hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku anak sekolah tentang hidup bersih dan sehat di sekolah dasar negeri wilayah puskesmas selemadeg timur II. Jurnal Kesehatan Lingkungan, 4(1), 99-106.

Timmreck, Thomas C., 2004. Epidemiologi: Suatu Pengantar. Edisi kedua. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.
Published
2022-05-20
How to Cite
YOGA SAPUTRA, Dimas Dwi et al. PENGARUH MEDIA PROMOSI KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 8, n. 1, p. 82-89, may 2022. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/3230>. Date accessed: 24 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v8i1.3230.