General GAMBARAN UMUM KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP JKN DI RUMAH SAKIT ISLAM AISYIYAH MALANG

  • Rizki Mustika Riswari poltekkes malang

Abstract

Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan dan mutu pelayanan kepuasan yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan yang akan mempengaruhi profitabilitas dan fasilitas kesehatan tersebut. Pengukuran kepuasan pasien merupakan elemen penting dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, efisien dan lebih efektif. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan merupakan faktor penting yang mengembangkan suatu sistem penyedia pelayanan yang tanggap terhadap keluhan pasien, meminimalkan biaya dan waktu serta memaksimalkan dampak pelayanan terhadap pasien.


Subjek dan Metode: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum kepuasan pasien ditinjau dari metode servqual menggunakan lima indikator yaitu daya tanggap, jaminan, bukti fisik, perhatian, dan kehandalanserta tingkat kualitas pelayanan di Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus melalui kuesioner. Subyek yaitu pasien rawat inap JKN, sampel 30 responden yang ditentukan dengan metode Purposive Sampling. Data yang sudah dianalisis disajikan dalam bentuk tabel dan disertai dengan penjelasan.


Hasil: Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa pasien rawat inap JKN di Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang cukup puas dengan pelayanan yang telah diberikan dengan rata-rata nilai kepuasan 84,5%. Dengan penilaian menggunakan lima indikator, rata-rata nilai jawaban responden menunjukkan nilai rata-rata jawaban responden untuk indikator daya tanggap sebesar 82,5%, indikator jaminan 85,667%, indikator bukti fisik sebesar 84%, indikator perhatian sebesar 84,667%, dan indikator kehandalan sebesar 85,5%. Kesimpulan: Dari penelitian ini dapat ditarik keimpulan meskipun angka kepuasan masih 84,46% tetapi pasien rawat inap JKN merasa cukup puas dengan pelayanan yang diberikan oleh petugas rumah sakit baik oleh dokter, perawat, dan juga staf rumah sakit.

References

A Parasuraman, Valarie A. Zeithaml, and Leonard L. Berry. 1988. Servqual: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailling, Volume 64, Pp 12-40.

Aalan, Yunus. 2016. Pengaruh service quality (tangible, empathy, reliablitity, Responsiveness dan assurance) terhadap Customer satisfaction: penelitan pada hotel Serela bandung. Jurnal Manajemen Maranatha Vol.15, No.2, Mei 2016

Alwy, S. N. A. (2018). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap Dirumah Sakit Pemerintah (RSUD Haji Makassar). Universitas Hasanuddin.

Atmawati, R dan M, Wahyudin. 2007. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Departement Store Di Solo Grand Mall.Surakarta: Jurnal Daya Saing, Program MM-UMS.

Azzahra, F. 2015. Analisis minat masyarakat terhadap pemanfaatan pelayanan kesehatan rumah sakit nasional diponegoro (vol. 2501011113). Universitas diponegoro.

Dahlan, Muhammad Sopiyudin. 2012. Statistik untuk Kedokteran dan Kesehatan.

Fahrozy, Andry. 2017. Hubungan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Dengan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan. Jurnal Ilmiah psikologi/2019.

Indriani, Ela; Larasati, Endang dan Lestari, Hesti. 2015. Analisis Kepuasan Atas Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang. Journal Of Public Policy And Management, Review Volume 4, Nomor 3, Tahun 2015 Jakarta: Salemba medika.

Junistyaningrum.2016.Pengaruh Implementasi Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Varabel Intervening.

Mustika, Dewi dan Sari, Kurnia. 2019. Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Rawat Inap RSUD Jagakarsa Tahun 2017/2018. Jurnal ARSI/Juni 2019.

Nurbaity L, dan Martin. 2009. Pengaruh Harga (Price) dan Kualitas Pelayanan (Service Quality) terhadap kepausan pasien rawat inap di RSU Deli Medan. Jurnal Majalah Manajemen Bisnis, Volume 2, No. 1, Januari 2009 : 21 - 24.

Peraturan Presiden Nomor 12 tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan Nasionan Republik Indonesia.

Ratih,Hardiyati., 2010, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Penginapan (Villa) Agrowisata Kebun The Pagilaran. Skripsi tidak dipublikasikan Universitas Diponegoro Semarang

Rivaldi, Pasca Muhammad. 2019. Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar Tahun 2018. UMI Medical Journal : Jurnal Kedokteran, Vol. 4 No. 1 (Juni, 2019)

ST. Nurul Aliah Alwy . 2018.Analisis Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Pemerintah (RSUD HAJI MAKASSAR).

Zilvia, Yolandafitri dan Yulisa, Indry Putri. 2019. Analisis Kepuasan Pasien Peserta BPJS Pada InstalasiRawat Jalan Poliklinik Bedah Rumah Sakit Umum PusatDr. M. Djamil Padang. Economac: Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi Volume 3 Issue 2 (Oktober, 2019).
Published
2021-08-09
How to Cite
RISWARI, Rizki Mustika. General GAMBARAN UMUM KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP JKN DI RUMAH SAKIT ISLAM AISYIYAH MALANG. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 7, n. 1, p. 32-40, aug. 2021. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/2288>. Date accessed: 25 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v7i1.2288.