PERBEDAAN TINGKAT NYERI DISMENORHEA SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN YOGA PADA MAHASISWA

  • Leily Yuliastuti Firdausi Poltekkes Kemenkes Malang, Prodi Kebidanan Jember
  • Elfira Nurul Aini Poltekkes Kemenkes Malang

Abstract

Terapi komplementer meditasi atau yoga sangat dianjurkan untuk mengurangi dismenorhea primer. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perbedaan tingkat nyeri dismenorhea sebelum dan sesudah dilakukan yoga pada mahasiswa DIV Kebidanan Jember. Metode penelitian menggunakan pra eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan one group pretest-postest. Penelitian ini menggunakan total sampling dengan jumlah populasi 30 mahasiswa dismenorhea dan sampel sebanyak 30 mahasiswa dismenorhea. Instrumen penelitian menggunakan kuisioner. Hasil dari proses perhitungan uji statistik Wilcoxon March pared test Zhitung (-4,782)>Ztabel 0,05 (±1,96). Diperoleh hasil Ho ditolak Ha diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan tingkat nyeri dismenorhea sebelum dan sesudah dilakukan yoga pada mahasiswa, yaitu nyeri dismenorhea menurun. Berdasarkan hasil penelitian di atas, yoga dapat menjadi alternatif dalam penanganan nyeri dismenorhea sehingga disarankan kepada mahasiswa untuk saling berbagi informasi tentang cara melakukan yoga yang benar dan tepat dalam menurunkan nyeri dismenorhea.

References

Anjelina, N. (2013). Perbedaan Efektifitas Teknik Yoga (Cat Strech Exercise) Dengan Senam Dismenore Terhadap Penurunan Nyeri Haid (Dismenorhea Primer) Pada Mahasiswa PSIK Muhammadiyah Malang. Doctoral dissertation. University of Muhammadiyah Malang.
Anurugo & Wulandari. (2011). Cara Jitu Mengatasi Nyeri Haid. Yogyakarta : Andi.
Aryanie, V., & Sarwinanti, S. (2014). Pengaruh Terapi Yoga terhadap Tingkat Dismenore pada Mahasiswi Program Studi Ilmu Keperawatan STIKES ‘Aisyiyah Yogyakarta. Doctoral Dissertation. STIKES' Aisyiyah Yogyakarta.
Morgan, Geri. (2009). Obstetri dan Ginekologi Panduan Praktik. Jakarta : EGC.
Prawirohardjo, S. (2009). Ilmu Kandungan. Jakarta: PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Prawirohardjo, S. (2009). Ilmu kebidanan. Jakarta: Yayasan.
Potter. (2005). Fundamental Keperawatan Konsep Proses dan Praktik. Jakarta : EGC
Sherwood, Lauralee. (2011). Fisiologi Manusia Dari sel Ke Sel. Jakarta : EGC.
Siahaan, K. (2012). Penurunan Tingkat Dismenore Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Keperawatan UNPAD Dengan
Menggunakan Yoga. Students e-Journal, 1(1), 30.
Sindhu, Pujiastuti. (2006). Hidup Sehat dan Seimbang dengan Yoga. Bandung : Qanita.
Sindhu, Pujiastuti. (2013). Panduan Lengkap Yoga : Untuk Hidup Sehat dan Seimbang. Bandung: Mizan Media Utama.
Smeltzer, S.C & Bare, B.G. (2002). Buku Ajar Medikal Bedah Edisi 8 Volume 2. Jakarta: EGC.
Published
2018-06-06
How to Cite
FIRDAUSI, Leily Yuliastuti; AINI, Elfira Nurul. PERBEDAAN TINGKAT NYERI DISMENORHEA SEBELUM DAN SESUDAH DILAKUKAN YOGA PADA MAHASISWA. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 26-32, june 2018. ISSN 2615-5516. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/176>. Date accessed: 01 oct. 2022. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v(4)i(1)y(2018).page:26-32.