Perbedaan Pengetahuan, Sikap, dan Konsumsi Energi Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Gizi Berbasis Media Online (Aplikasi VitaNutriHealth) pada Siswa dan Siswi Overweight di SMAN 1 Bululawang Malang

Penulis

  • NURUL ISNAINI POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES MALANG
  • Bastianus Doddy Riyadi
  • Juin Hadisuyitno
  • I Nengah Tanu Komalyna

DOI:

https://doi.org/10.31290/nj.v4i2.5406

Kata Kunci:

knowledge, attitude, energy consumption, VitaNutriHealth app, pengetahuan, sikap, konsumsi energi, aplikasi VitaNutriHealth

Abstrak

Latar belakang: Prevalensi overweight dan obesitas pada remaja umur 16-18 tahun di Jawa Timur sebesar 10,2% dan 4,7% (SKI, 2023). Data dari SSGI tahun 2022 menunjukkan bahwa prevalensi overweight pada remaja umur 15-18 tahun di Jawa Timur yaitu sebesar 23%. Penelitian ini dilakukan pada siswa dan siswi sebagai upaya meningkatkan pengetahuan, merubah sikap, dan konsumsi energi salah satunya dengan intervensi gizi berupa penyuluhan gizi. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan konsumsi energi sebelum dan sesudah penyuluhan gizi berbasis media online (VitaNutriHealth) pada siswa dan siswi overweight di SMAN 1 Bululawang Malang. Metode: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-experimental dengan pendekatan kuantitatif dengan rancangan One Group Pretest and Posttest Design yang dilakukan di SMAN 1 Bululawang Malang dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 50 siswa. Intervensi yang digunakan yaitu penyuluhan dengan menggunakan media VitaNutriHealth. Instrumen pengumpulan data pada penelitian menggunakan kuesioner dan form recall 24 jam. Analisis data yang digunakan univariat, dan bivariat menggunakan uji Paired Sample T-Test jika data berdistribusi normal dan uji Wilcoxon Signed Test jika data tidak berdistribusi normal. Hasil dan Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penyuluhan gizi pada pengetahuan, sikap dan konsumsi energi siswa dan siswi overweight di SMAN 1 Bululawang Malang (p=0,000).

Referensi

Anggraeni, E. (2017). Hubungan Tingkat Kecukupan Energi Dan Protein Dengan Status Gizi Pada
Aulia, N. R. (2021). Peran pengetahuan gizi terhadap asupan energi, status gizi dan sikap tentang gizi remaja. Jurnal Ilmiah Gizi Kesehatan (JIGK), 2(02), 31-35.
Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan. (2023). Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Dalam Angka. Jakarta: Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Dyachenko T. The Multiple Repetition Method for Childhood Trauma Treatment: Two Case Studies. Int J Psychol Behav Anal. 2019;5(1).
Fitriami, E., & Galaresa, A. V. (2022). Edukasi pencegahan stunting berbasis aplikasi android dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap ibu. Citra Delima Scientific journal of Citra Internasional Institute, 5(2), 78-85.
Gerungan, W. A. (2004). Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama
Hendryani, A., & Susana, E. (2020). Pengembangan aplikasi mobile health berbasis Android untuk monitoring dan evaluasi stunting. Jurnal Sehat Mandiri, 15(1), 24-32.
Indarsari, M. S., & Utomo, A. C. (2022, December). The use repetition and feedback methods in supporting the learning of slow learners children. In 7th Progressive and Fun Education International Conference (PROFUNEDU 2022) (pp. 176-185). Atlantis Press.
Kementerian Kesehatan, Badan Kebijakan Pembangunan kesehatan. Survei Kesehatan Indonesia.; 2023.
Lumongga, N., & Syahrial, E. (2013). Pengaruh penyuluhan dengan metode ceramah dan diskusi terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap anak tentang PHBS di Sekolah Dasar Negeri 065014 Kelurahan Namogajah Kecamatan Medan Tuntungan tahun 2013. Kebijakan, Promosi Kesehatan dan Biostatistika, 2(1), 14398.
Muliana, H., dkk. (2023). Perubahan Pengetahuan dan Sikap Remaja Putri terhadap Pencegahan Anemia melalui Media Aplikasi Berbasis Android di SMKN 9 Kota Padang. Jurnal Sehat Mandiri, 18(2), 48-59.
Nurmasyita, N., Widjanarko, B., & Margawati, A. (2016). Pengaruh intervensi pendidikan gizi terhadap peningkatan pengetahuan gizi, perubahan asupan zat gizi dan indeks massa tubuh remaja kelebihan berat badan. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 4(1), 38-47.
Permaesih, D. (2003). Status Gizi Remaja dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bogor: Puslitbang Gizi.
Proverawati, Atikah. 2010. Obesitas dan Gangguan Perilaku Makan pada Remaja. Yogyakarta: Nuha Medika.
Purnamawati, I. (2009). Prevalens obesitas pada anak taman kanak-kanak di kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, DKI Jakarta, dan hubungannya dengan melewatkan makan pagi = Obesity prevalence among kindergarten children in Cikini, Menteng, DKI Jakarta, and its relation with skipping breakfast.
Ramadhani, H., Hayati, N. F., Amos, J., Sidiq, R., & Lestari, E. M. L. (2023). Perubahan Pengetahuan dan Sikap Remaja Tentang Pencegahan Obesitas Melalui Aplikasi Berbasis Android. Ahmar Metastasis Health Journal, 3(2), 87-96.
Ritterband, L. M., dkk. (2009). A behavior change model for internet interventions. Annals of Behavioral Medicine, 38(1), 18-27.
Sadiman, A. S. (2006). Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.
Sari, E., Siregar, R., Harahap, F., & Harahap, T. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar dan Pengulangan Materi Pelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 1 Batang Angkola. Jurnal Education And Development, 12(1), 180-185.
Septiyana, S. M., dkk. (2022). The Smartphone App (MyFitnessPal) Reduce Sugar-Sweetened Beverages Intake Among Overweight and Obese College Students. Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics), 9(3), 130-138.
Susindra, Y., & Permatasari, R. A. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Infografis Berbasis Aplikasi Android Terhadap Tingkat Pengetahuan Mengenai Obesitas Pada Remaja Putri. ARTERI: Jurnal Ilmu Kesehatan, 4(2), 81-86.
Tampubolon, 2009. Pengaruh Media Visual Poster dan Leaflet Makanan Sehat terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan Pelajar Kelas Khusus SMA Negeri 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi Gizi Kesehatan Masyarakat USU. Medan.
Tan, X., Rogers, dkk. (2022). The impact of a ‘remotely-delivered’sports nutrition education program on dietary intake and nutrition knowledge of junior elite triathletes. Nutrients, 14(24), 5203.
Zaki, I., & Sari, H. P. (2019). Edukasi gizi berbasis media sosial meningkatkan pengetahuan dan asupan energi-protein remaja putri dengan kurang energi kronik (KEK). Gizi indonesia, 42(2), 111-122.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-10-03

Cara Mengutip

ISNAINI, N., Riyadi, B. D., Hadisuyitno, J., & Komalyna, I. N. T. (2025). Perbedaan Pengetahuan, Sikap, dan Konsumsi Energi Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Gizi Berbasis Media Online (Aplikasi VitaNutriHealth) pada Siswa dan Siswi Overweight di SMAN 1 Bululawang Malang. NUTRITURE JOURNAL, 4(2), 90–97. https://doi.org/10.31290/nj.v4i2.5406