Gambaran Peran Ibu dalam Mengajari Toilet Training pada Anak Usia Toddler (18-24 Bulan) Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan di Kelurahan Ketawanggede

Penulis

  • maria goreti jakarta
  • Anis Kusnawati Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.31290/jkt.v5i2.1310

Kata Kunci:

peran, toilet training, toddler

Abstrak

Tahap perkembangan psikoseksual pada anak usia toddler yaitu fase anal yang merupakan waktu yang tepat untuk toilet training. Peran ibu dalam toilet training pada anak usia toddler sangatlah penting, salah satunya adalah memberikan pendidikan kesehatan. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui peran ibu dalam mengajari toilet training pada anak usia toddler 18-24 bulan sesudah diberikan pendidikan kesehatan di Kelurahan Ketawanggede. Penelitian ini adalah deskriptif studi kasus dengan dua subjek dan dilakukan pada bulan Januari 2019, menggunakan lembar wawancara dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek pertama mengalami perubahan peran dari kurang menjadi cukup, serta subjek kedua mengalami perubahan dari kurang menjadi baik setelah diberikan pendidikan kesehatan. Kemampuan anak dalam  toilet training subjek pertama  dan subjek kedua mengalami perubahan dari kurang menjadi baik setelah diajari toilet training. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah Sebaiknya peneliti selanjutnya tetap melakukan pendidikan kesehatan terkait peran yang belum dilakukan subjek agar sama persepsi dengan peneliti.

Referensi

Andarmoyo, Sulistyo. 2012. Keperawatan Keluarga; Konsep Teori, Proses dan Praktik Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Buston, E. dan Septiyanti. 2017. Hubungan Pendidikan dan Sikap dengan Keberhasilan Toilet Training (online) (ejournalperawat.poltekkes-kaltim.ac.id) Diakses pada 17 November 2018
Dalami, Ermawati dkk. 2009. Asuhan Keperawatan Jiwa Dengan Masalah Psikososial. Jakarta: TIM
Dian. 2015. Efektifitas Pemberian Informasi Tentang Toilet Training Terhadap Pengetahuan Ibu yang Memiliki Anak Usia Toddler (1-3 tahun) di Desa Baseh Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas (online) (repository.ump.ac.id) Diakses pada 17 November 2018
Gunarsa, Singgih d. 2008. Psikologi Praktis Anak dan Keluarga. Jakarta: BPK Gunung Mulia
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika
Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Riset Keperawatan & Teknik Penulisan Ilmiah. Jakarta: Salemba Medika
Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Nursalam. 2009. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan; Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Septiani, D. 2015. Hubungan Pengetahuan Toilet Training Dengan Pelaksanaannya di Posyandu Bunga Tanjung Kelurahan Tanjungsari Purwakarta (online) (repository.stikesayani.ac.id) Diakses pada 27 November 2018
Setiadi. 2008. Konsep dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha Ilmu
Setiadi. 2013. Konsep dan Praktik Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Sibagariang, Eva Ellya dkk. 2010. Metodologi Penelitian Untuk Mahasiswa Diploma Kesehatan. Jakarta: TIM
Soetjiningsih. 2013. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC
Warner, Penny. dan Kelly, Paula. 2008. Mengajari Anak Pergi ke Toilet. Jakarta: Arcan
Wong, Donna L. 2008. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik Edisi 6. Jakarta: EGC

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-02-13

Cara Mengutip

goreti, maria, & Kusnawati, A. (2020). Gambaran Peran Ibu dalam Mengajari Toilet Training pada Anak Usia Toddler (18-24 Bulan) Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan di Kelurahan Ketawanggede. Jurnal Keperawatan Terapan, 5(2), 128–134. https://doi.org/10.31290/jkt.v5i2.1310