Efektivitas e-Book Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Dan Perilaku Pencegahan Diabetes Mellitus Pada Remaja

Authors

  • edy suyanto Poltekkes Kemenkes Malang
  • Susi Milwati Poltekkes Kemenkes Malang
  • Rony Yuliwar Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.31290/jiki.v9i3.5279

Keywords:

Diabetes Mellitus, Edukasi Kesehatan Digital, E-Book Interaktif, Pemahaman Kesehatan, Perilaku Pencegahan

Abstract

Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit tidak menular dengan prevalensi meningkat, termasuk pada remaja. Faktor risiko utama seperti pola makan tidak sehat, kurangnya aktivitas fisik, dan riwayat keluarga berkontribusi terhadap tingginya angka kejadian DM. Pendidikan kesehatan berbasis digital, seperti E-Book interaktif, menjadi pendekatan inovatif dalam meningkatkan pemahaman dan perilaku pencegahan DM pada remaja. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi efektivitas E-Book interaktif dalam meningkatkan pemahaman dan perilaku pencegahan DM. Desain penelitian menggunakan pretest-posttest tanpa kelompok kontrol dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 44 remaja berusia 15–18 tahun mengikuti intervensi selama satu minggu. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman faktor risiko DM, dari 18,2% menjadi 75%. Perubahan perilaku juga terlihat, dengan peningkatan pola makan sehat (32% menjadi 70,5%), aktivitas fisik rutin (40,9% menjadi 77,3%), dan kesadaran pemeriksaan gula darah (9,1% menjadi 50%). Uji statistik menunjukkan nilai t = 10,24 dan p < 0,001. E-Book interaktif efektif dalam meningkatkan literasi kesehatan dan dapat diintegrasikan ke dalam program edukasi kesehatan di sekolah. Studi lanjutan dengan kelompok kontrol dan durasi intervensi lebih panjang direkomendasikan.

References

Kristianingrum, N., Ramadhani, D., Hayati, Y., & Setyoadi, S. (2021). Correlation between the burden of family caregivers and health status of people with diabetes mellitus. Journal of Public Health Research, 10(2), 2227. https://doi.org/10.4081/jphr.2021.2227
Ligório, E., Sousa, D., Almeida, A., Araújo, C., & Ribeiro, G. (2021). Diabetes gestacional e o risco de progressão para diabetes tipo 2: uma revisão de literatura. Brazilian Journal of Health Review, 4(6), 466. https://doi.org/10.34119/bjhrv4n6-466
Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd ed.). Cambridge University Press.
Ribeiro, G., Oliveira, I., Araújo, C., Sousa, D., & Almeida, A. (2022). Diabetes gestacional: aspectos relacionados ao diagnóstico, risco e tratamento. Research Society and Development, 11(16), e294111638457. https://doi.org/10.33448/rsd-v11i16.38457
Sidiq, R., Widdefrita, W., Silaban, E., Nadira, N., Handayani, M., & Lubis, H. (2022). The effectiveness of self-management book in patients with diabetes mellitus. Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 18(1), 34-43. https://doi.org/10.14710/jpki.18.1.34-43
Tutuba, H., Jonathan, A., Lloyd, W., Masamu, U., Marco, E., Makani, J., & Balandya, E. (2022). Predictors of the effectiveness of health education intervention and infant diagnosis for sickle cell disease among pregnant women attending antenatal clinics in Dar-es-Salaam, Tanzania: A quasi-experimental study. https://doi.org/10.21203/rs.3.rs-1964340/v1

Downloads

Published

2023-12-30