EFEKTIFITAS E-SERVIS (M-JKN)DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS PESERTA JKN DI KOTA MALANG

Authors

  • Ngesti W Utami Poltekkes Kemenkes Malang
  • Moh Wildan Poltekkes Kemenkes Malang
  • Puguh Priyo Widodo Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.31290/jiki.v10i1.4434

Keywords:

JKN

Abstract

E- service aplikasi Mobile -JKN merupakan salah satu upaya yang telah dipilih BPJS dalam menyediakan fasilitas memasarkan dan dalam memenuhi kebutuhan serta mencapai efisiensi dan target2 yang telah ditetapkan  BPJS.  E-service telah dianggap menyebabkan suksesnya pemasaran  untuk mempengaruhi konsumen yang saat ini telah terselenggara melalui internet misalya adanya google. Penelitian ini bertujuan mengetaui efektivitas e-service dan  pengaruhnya terhadap loyalitas peserta JKN. Dengan rancangan Quasy eksperiman dengan jumlah sampel 120 peserta JKN di kota malang yang telah menggunakan aplikasi Mobile JKN. Hasl penelitian  penggunaan e-service (Mobile JKN) menunjukan bahwa sebagaian besar (94 %) pada kategori efektif dan 90 % pada kategori loyal. Uji Hypotehsis dengan regresi berganda menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara efektifikas e-service dengan loyalitas peserta JKN di Kota Malang. Sebagai rekomendasi untuk BPJS menjaga dan mempertahankan layanan elektronik dengan menggunakan aplikasi Mobile JKN dan yang lainnya.  

Downloads

Published

2024-05-13