Pengaruh Storytelling dalam Pendidikan Personal Hygiene terhadap Kepatuhan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia 6-7 Tahun di Sekolah Dasar Negeri 13 Sesetan

  • Ni Nyoman Yudiarini STIKES Bina Usada Bali
  • I Gusti Ayu Ratih Agustini, IGARA
  • Claudia Wuri Prihandini, CWP

Abstract

Hand washing is one of the clean and healthy behaviors which has become a worldwide concern. Storytelling is one of the effective solutions to deliver health education to preschool students with the selection of appropriate tools depending on the method chosen, the children’s demand to learn, and the client's ability to learn. This study aimed to determine the effect of storytelling in personal hygiene education towards the compliance of hand washing with soap in children aged 6-7 years. This study was a pre-experimental quantitative research with one groups pretest-posttest design. This study involved 32 respondents selected by total sampling technique. The compliance of hand washing with soap was measured using a questionnaire before and after the intervention. The results showed that the compliance of hand washing with soap during the pre-test was mostly 28 respondents (87.5%) in fewer adherences category. The majority of posttest compliance was 30 respondents (93.8%) in the compliant category. Wilcoxon Sign Rank Test results obtained p-value = 0.001 <0.05 These results indicated that there was an effect of storytelling in personal hygiene education towards the compliance of hand washing with soap. It can be concluded that storytelling in personal hygiene education had a significant effect towards the compliance of hand washing with soap

References

Abiyoga. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Storytelling (Bercerita) Dalam Personal Hygiene Terhadap Hygienitas Tangan Anak di SDN Tungkaran Pangeran 2 desa tungkaran pangeran kabupaten tanah bumbu. Jurnal Darul Azhar Vol 4, No.1.
Afrida. (2016). Pengaruh Storytelling dalam Pendidikan Personal Hygiene Terhadap Cuci Tangan yang Baik dan Benar pada Anak Usia Prasekolah di TK Tunas IGTKI-PGRI Pontianak. Jurnal Kesehatan Masyarakat Edisi 5 No 2.
Arikunto. (2014). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Asfandiyar. (2017). Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: Mizan.
Azizah. (2016). Konsep Dasar Personal hygiene. Jakarta: EGC.
Bunanta. (2016). Buku, Dongeng, dan Minat Baca. Jakarta: Murti Bunanta Foundation.
Dahlan, & Umrah. (2016). Buku Ajaran Ketrampilan Dasar Praktik Kebidanan. Malang: Inti Media.
Depkes. (2015). Panduan Penyelenggaraan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS). Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.
Dinas Kesehatan Provinsi Bali. (2018). Promosi Kesehatan Dalam Pencapaian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah. Denpasar: Bagian Data dan Informasi.
Djamarah. (2015). Tumbuh Kembang Anak dan Remaja. Edisi Pertama. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Dolya. (2015). Memilih, Menyusun dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Gunarsa. (2015). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hidayat. (2014). Metode Penelitian dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika.
Hidayat. (2016). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Ilmi. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Bernyanyi Terhadap Kepatuhan Mencuci Tangan Anak Pra Sekolah di TK RA Perwanida Krangkongan Tegalwangi Umbulsari Jember. Jurnal Ners Indonesia Edisi 14 No. 2.
Isroin. (2015). Personal Hygiene Konsep, Proses dan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kushartanti. (2015). Faktor–Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 03 Kertajaya Padalaran. Ejurnal Stikes Borromeus.
Lestari. (2016). Hubungan Kegiatan Unit Kesehatan Sekolah (UKS) Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) di SMA Negeri 4 Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Vol. 8, No. 1.
Listuayu. (2016). Pengaruh Pemberian Storytelling Terhadap Motivasi Untuk Melakukan Personal Hygiene Pada Anak Usia Prasekolah di TK. Mandala Kumara Denpasar. Jurnal Fakultas Kedokteran Jurusan Keperawatan Universitas Udayana.
Listyowati. (2015). Pengaruh Intervensi Promosi Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Praktek Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas 5 Di SDN Pengasinan IV Kota Bekasi. Media Keperawatan.
Muninjaya. (2015). Pendidikan Kesehatan Dalam Keperawatan. Jakarta: EGC.
Notoatmodjo. (2015). Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmojo. (2014). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurbiana. (2016). Mendidik dengan Cerita. Bandung: Rosda.
Nursalam. (2016). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi. Tesis dan Instrumen Penelitian. Jakarta: Salemba Medika.
Perry & Potter. (2015). Buku Ajar Fundamental keperawatan: Konsep, Proses, Dan Praktik. Jakarta: EGC.
Rahmawati. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Pembelajaran Gerak Dan Lagu Terhadap Kemampuan Mencuci Tangan Pada Anak Usia 7-12 Tahundi SDN Pace 2 Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Keperawatan Indonesia Edisi I no 3.
Saputra. (2015). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta : Bina Rupa Aksara.
Solso & Kimberly (2014). Psikologi Kognitif Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Tarwoto & Wartonah, d. (2014). Kebutuhan Dasar Manusia dan Proses Keperawatan, Edisi 4 . Jakarta: Salemba Medika.
Uliyah & Hidayat. (2012). Pengantar Ilmu Kesehatan. Jakarta: Erlangga.
Vianny. (2016). Pengaruh Storytelling Dalam Pendidikan Personal Hygiene Terhadap Cuci Tangan Yang Baik Dan Benar Pada Anak Usia Prasekolah di TK Tunas IGTKI-PGRI Pontianak. Jurnal Skala Medika Edisi 5 No. 2.
Wahit. (2015). Pendidikan Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Bina Pustaka.
Wong. (2016). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik (Agus Sutarna, Neti Juniarti, & H.Y. Kuncara, penerjemah). Volume 1. Edisi 6. Jakarta: ECG.
World Health Organization. (2016). A Lively and Healthy Me. Available: http://www.wpro.who.int. Diakses tanggal 8 Maret 2019
Published
2020-06-01
How to Cite
YUDIARINI, Ni Nyoman; AGUSTINI, I Gusti Ayu Ratih; PRIHANDINI, Claudia Wuri. Pengaruh Storytelling dalam Pendidikan Personal Hygiene terhadap Kepatuhan Cuci Tangan Pakai Sabun pada Anak Usia 6-7 Tahun di Sekolah Dasar Negeri 13 Sesetan. Jurnal Keperawatan Terapan (e-Journal), [S.l.], v. 6, n. 01, p. 56-66, june 2020. ISSN 2442-6873. Available at: <http://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JKT/article/view/1454>. Date accessed: 10 aug. 2020. doi: https://doi.org/10.31290/jkt.v6i01.1454.
Array ( )