PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PESAN GIZI SEIMBANG (PGS) PADA SISWA SMP DI KABUPATEN MALANG

  • Hasan Aroni Jurusan Gizi, Poltekkes Kemenkes Malang, Jawa Timur, Indonesia

Abstract

Media pembelajaran adalah salah satu faktor utama yang mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan komik sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang Pesan Gizi Seimbang (PGS). Metode: Studi penelitian dan pengembangan dengan desain kuasi-eksperimental. Lima puluh siswa SMP Negeri 1 Pujon menjadi subyek penelitian, dibagi secara merata sebagai kelompok intervensi dan kontrol. Kelompok intervensi menerima konseling menggunakan media komik sedangkan kontrol hanya menerima konseling selama enam hari. Analisis statistik dilakukan dengan menggunakan uji t tidak berpasangan. Hasil: Pengetahuan siswa yang baik tentang PGS pada kelompok kontrol adalah 18 orang (36%) dengan skor 80 dan pada kelompok intervensi 24 orang (96%) dengan skor 87. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam pengetahuan siswa tentang PGS antara kelompok kontrol dan intervensi (p=0.000). Kesimpulannya komik dapat dikembangkan dan digunakan sebagai media pembelajaran serta dapat meningkatkan pengetahuan PGS siswa SMP Negeri 1 Pujon Malang.

Published
2019-05-30
How to Cite
ARONI, Hasan. PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PESAN GIZI SEIMBANG (PGS) PADA SISWA SMP DI KABUPATEN MALANG. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 5, n. 1, p. 33-38, may 2019. ISSN 2615-5516. Available at: <http://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JIKI/article/view/929>. Date accessed: 16 dec. 2019. doi: https://doi.org/10.31290/jiki.v5i1.929.