ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN VIRTUAL LAB DALAM PRAKTIKUM

Penulis

  • Atik Kurniawati
  • Ni Luh Putu Eka Sudiwati Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.31290/jpk.v14i2.6030

Kata Kunci:

pemahaman mahasiswa, praktikum, virtual lab

Abstrak

Perkembangan teknologi digital telah memberikan dampak signifikan terhadap inovasi pembelajaran di bidang vokasi kesehatan. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah penggunaan virtual laboratory (virtual lab) sebagai media praktikum berbasis simulasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman mahasiswa terhadap penggunaan virtual lab dalam praktikum Serologi Golongan Darah pada Program Studi D-III Teknologi Bank Darah Poltekkes Kemenkes Malang. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Responden berjumlah 68 mahasiswa yang telah mengikuti praktikum menggunakan virtual lab. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala Likert 1–5 yang mencakup aspek pemahaman konseptual, persepsi penggunaan, dan hambatan teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa terhadap penggunaan virtual lab berada pada kategori baik hingga sangat baik dengan nilai rata-rata keseluruhan 4,61 ± 0,71. Aspek pemahaman konseptual memperoleh nilai tertinggi (4,69) yang menunjukkan kemampuan mahasiswa dalam memahami prinsip reaksi antigen–antibodi dan interpretasi hasil aglutinasi. Aspek hambatan teknis memperoleh nilai terendah (2,63), menunjukkan bahwa kendala penggunaan relatif kecil. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan virtual lab efektif meningkatkan pemahaman konseptual mahasiswa dan menjadi alternatif pembelajaran praktikum yang efisien, aman, serta sesuai untuk diterapkan dalam pendidikan vokasi kesehatan berbasis kompetensi

Referensi

Coutinho, G. S., Magana, A. J., & do Rego Dias, V. (2023). A Framework for the Development of Online Virtual Labs for Engineering Education. ASEE Annual Conference and Exposition, Conference Proceedings. https://doi.org/10.18260/1-2--42396

El Kharki, K., Berrada, K., & Burgos, D. (2021). Design and implementation of a virtual laboratory for physics subjects in moroccan universities. Sustainability (Switzerland), 13(7). https://doi.org/10.3390/su13073711

Iftitah Hauriyah, Muhab, S., & Hadinugrahaningsih, T. (2019). Pengaruh Laboratorium Virtual dalam Kegiatan Praktikum Terhadap Keterampilan Laboratorium Siswa pada Materi Titrasi Asam Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 9(2). https://doi.org/10.21009/jrpk.092.03

Li, J., & Liang, W. (2024). Effectiveness of virtual laboratory in engineering education: A meta-analysis. PLOS ONE, 19(12), e0316269. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0316269

Maksum, A. H., & Saragih, Y. (2020). Analisis Penerapan Virtual Laboratorium Versus Reality Laboratorium. Jurnal TIARSIE, 17(2). https://doi.org/10.32816/tiarsie.v17i2.72

Maryuningsih, Y.-, Manfaat, B., & Riandi, R. (2019). Penerapan Laboratorium Virtual Elektroforesis Gel Sebagai Pengganti Praktikum Riil. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 9(1). https://doi.org/10.21580/phen.2019.9.1.3320

Mas’ud, A., Sundari, S., & Azahraa, I. F. (2022). Characteristics and Effectiveness of Blended Learning Through Reality Laboratory and Virtual Laboratory Activities in Genetics Course. Journal of Biology Learning, 4(1). https://doi.org/10.32585/jbl.v4i1.2205

Misnawati, Y. R. (2019). Laboratorium Virtual Pada Praktikum Sistem Sirkulasi Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa Kelas XI SMA: Kajian Dari Aspek Validitas. Artikel Ilmiah Biologi Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Maritim Raja Ali Haji, 8(2).

Pregowska, A., Osial, M., Dolega-Dolegowski, D., Kolecki, R., & Proniewska, K. (2022). Information and Communication Technologies Combined with Mixed Reality as Supporting Tools in Medical Education. Electronics (Switzerland), 11(22). https://doi.org/10.3390/electronics11223778

Sanchez-Lopez, A. L., Lozano-Sanchez, L. M., Parra-Cordova, A., Castaneda-Sedano, J., & Ek, J. I. (2022). Implementation of hybrid chemistry labs as a learning strategy in post-COVID times. IEEE Global Engineering Education Conference, EDUCON, 2022-March. https://doi.org/10.1109/EDUCON52537.2022.9766504

Widodo, A. Maria, R., A.Fitriani, A. (2016). Peranan Praktikum Riil Dan Praktikum Virtual Dalam Membangun Kreatifitas Siswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 21(1).

Yun, J., Zhang, G., Zhang, G., Sun, Y., Xue, M., & Zhang, H. (2021). The Application of Virtual Simulated Experiment in the Theoretical Teaching (ABO Blood Grouping) for Physiology. The Journal of Medical Research, 7(1). https://doi.org/10.31254/jmr.2021.7105

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-12-04

Cara Mengutip

Kurniawati, A., & Eka Sudiwati, N. L. P. (2025). ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP PENGGUNAAN VIRTUAL LAB DALAM PRAKTIKUM . Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), 14(2), 127–135. https://doi.org/10.31290/jpk.v14i2.6030