UPAYA PERAWAT DALAM MENCEGAH TERJADINYA PHLEBITIS

  • sri winarni poltekkes kemenkes malang
  • Nastiti Kurniasari praktisi keperawatan
  • Tri Cahyo Sepdianto Poltekkes Kemenkes Malang, Jalan Besar Ijen No 77 C Malang, Jawa Timur

Abstract

Sebagian besar pasien yang masuk ke rumah sakit mendapat terapi melalui intravena, dan pemberian melalui intravena beresiko terjadinya phlebitis. Disini perawat bertindak sebagai care giver dalam terapi infus. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran upaya perawat dalam mencegah terjadinya phlebitis di RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Metode penelitian deskriptif. Sampel penelitian sebanyak 38 perawat dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner. Populasi 38 perawat di ruang Melati dan ruang Dahlia RSUD Mardi Waluyo Kota Blitar. Hasil penelitian menunjukan upaya perawat 65,8 persen baik, 26,3 persen cukup dan 7,9 persen kurang. Upaya kurang disebabkan tidak menempatkan jarum dengan baik. Rekomendasi dalam penelitian ini, diharapkan perawat mengikuti pelatihan PPI atau Pencegah dan Pengendali Infeksi dan memperhatikan tanda dan gejala awal yang dapat menyebabkan terjadinya phlebitis ketika dilakukan pemasangan terapi intravena kepada pasien selama dirawat di rumah sakit.

References

Bakarbessy, S. L., & Kurnia, E. (2014). upaya Perawat dalam Pencegahan Phlebitis pada Pasien di Rumah Sakit Baptis Kediri. Jurnal STIKES RS. Baptis Kediri, 7 (2).
Fitriyanti, S. (2015). Factors That Effect The Nosocomial Phlebitis Infections in Hospital Bhayangkara TK II. HS Samsoeri Mertojoso Surabaya. Jurnal Berkala Epidemiology, 3(2), 217-229.
Gayatri, D., & Handiyani, H. (2007). Hubungan jarak pemasangan terapi intravena dari persendian terhadap waktu terjadinya flebitis. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 1-5.
Smeltzer. (2011). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC.
Wayunah. (2011). Studi Fenomena; Hubungan Pengetahuan Tentang Terapi Infus dengan Kejadian Phlebitis dan Kenyamanan Pasien di ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Indramayu. Jurnal Universitas Indonesia.
Published
2018-05-16
How to Cite
WINARNI, sri; KURNIASARI, Nastiti; SEPDIANTO, Tri Cahyo. UPAYA PERAWAT DALAM MENCEGAH TERJADINYA PHLEBITIS. Jurnal Pendidikan Kesehatan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 16-19, may 2018. ISSN 2442-7993. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/jpk/article/view/95>. Date accessed: 19 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jpk.v7i1.95.
Section
Original Research
Array ( )

Most read articles by the same author(s)