Pengaruh Program Edukasi Melalui Metode Peer Tutoring Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Aktivitas Fisik Dalam Upaya Pencegahan Risiko Penyakit Jantung Koroner (PJK) Di Man 2 Kota Malang

  • Ayu Ashillah Delavita Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Abstract

Abstrak


Penyakit jantung koroner (PJK) menjadi salah satu masalah kesehatan dalam sistem kardiovaskular yang jumlahnya meningkat cepat dengan menurut data World Health Organization (WHO). Populasi penelitian ini seluruh siswa MAN 2 Malang berjumlah 1.229 siswa dan sampel 34 siswa dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian Pre-Eksperimental dengan pendekatan One-Group Pretest-Posttest. Bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Program Edukasi Metode Peer Group terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja Tentang Aktifitas Fisik dalam Upaya Pencegahan Risiko Penyakit Jantung Koroner (PJK) di MAN 2 Malang. Hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan diketahui bahwa hasil uji statistik Paired Sample T-Test menunjukkan angka yang signifikan antara nilai pretest dengan post-test menunjukkan nilai signifikasi p 0,000 < 0.05 sehingga mengalami gejala normalitas. H0 ditolak dan Ha diterima. Pengetahuan remaja sebelum diberikan intervensi delngan hasil kurang kemudian pengetahuan remaja meningkat setelah diberikan intervensi dengan kategori baik. Sehingga edukasi melalui metode peer tutoring efektif dalam mengoptimalisasi pengetahuan remaja tentang aktivitas fisik dalam pencegahan risiko Pelnyakit Jantung Koroner (PJK).

Published
2024-05-03
How to Cite
DELAVITA, Ayu Ashillah. Pengaruh Program Edukasi Melalui Metode Peer Tutoring Terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Aktivitas Fisik Dalam Upaya Pencegahan Risiko Penyakit Jantung Koroner (PJK) Di Man 2 Kota Malang. The Journal of Public Health Promotion, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 24-30, may 2024. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/edupro/article/view/4251>. Date accessed: 20 june 2024.