Edukasi Media Poster Keamanan Pangan terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Penerapan Higiene Sanitasi pada Penjamah Makanan di Kantin SMKN 1 Grati

Edukasi Media Poster Keamanan Pangan terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Pengetahuan Higiene Sanitasi pada Penjamah Makanan di Kantin SMKN 1 Grati

  • Falicha Saniyah Putri Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Nurul Hakimah
  • Rani Nurmayanti

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan hasil bahwa keamanan pangan penjamah makanan pada penyelenggaraan makanan dikantin SMKN 1 Grati masih kurang diantaranya tidak penyimpanan bahan makanan yang tidak tepat, tidak menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker dan celemek pada proses pengolahan, ada penjamah makanan yang berbicara saat mengolah makanan, dan penjamah makanan menyatakan belum pernah mengikuti penyuluhan keamanan pangan. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh edukasi menggunakan media poster keamanan pangan terhadap pengetahuan, sikap, dan penerapan higiene penjamah makanan di kantin SMKN 1 Grati. Metode: Kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023. Data yang diambil berupa karakteristik penjamah makanan, pengetahuan, sikap, dan Penerapan higiene yang diperoleh dengan pengisian kuesioner pretest dan posttest. Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan dari 5 orang mennjadi 7 orang penjamah makanan. Sikap penjamah makanan mengalami peningkatan dari 5 orang mennjadi 7 orang penjamah makanan. Penerapan higiene penjamah makanan mengalami peningkatan dari 2 orang menjadi 7 orang penjamah makanan setelah dilakukannya edukasi keamanan pangan menggunakan media poster. Simpulan: Penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian edukasi keamanan pangan menggunakan poster dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan penerapan higiene penjamah makanan.


 


Kata Kunci: Edukasi Keamanan pangan, pengetahuan, sikap, penerapan higiene.

References

Adyatama E.D, 2019. Tingkat pengetahuan dan perilaku higiene sanitasi tenaga penjamah sebelum dan sesudah penyluhan pada penyelenggaraan makanan di Rehabilitasi Sosial Bina Netra Kota Malang. Naskah publikasi. Malang : Poltekkes Kemenkes Malang.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. ISSN, 2302, 8556.
Aspiani M, 2019. Hubungan Pengetahuan, Sikap Penjamah Makanan Dan Fasilitas Sanitasi Terhadap Keamanan Pangan Di Rumah Makan Kawasan Wisata Kuliner Pantai Depok Kabupaten Bantul Tahun 2019. Naskah publikasi : Fakultas Kesehatan Masyarakat Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Ifanisari dkk. 2022. Pengaruh Edukasi Gizi dengan media leaflet terhadap pengetahuan, sikap, dan praktik keamanan pangan penjamah makanan di lingkungan kampus Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. Jumilah, Jauhari, dkk. 2019. Efektifitas Media Poster Terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Kesehatan gigi. Naskah Publikasi. Kalimantan Barat : Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Meikawati W, Astuti R, Susilawati. 2010. Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Petugas Penjamah Makanan Dengan Praktik Higiene Dan Sanitasi Makanan Di Unit Gizi 45 RSJD Dr. Amino Gondohutomo Semarang Tahun 2010. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia 6(1):50-68.
Mustoviani G, Nuzrina R, dkk, 2021. Fridge Magnet Media Series Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Higiene Sanitasi Ibu Rumah Tangga. Jurnal Riset Gizi. Universitas Esa Unggul.
Rifka,Nugrahani Safitri and Elza, Ismail and Tjarono, Sari. 2019. Pengaruh Penyuluhan Keamanan Pangan dengan poster terhadap Pengetahuan penjamah makanan dan Keamanan Pangan berdasarkan skor keamanan pangan (SKP) dirumah makan lesehan. thesis, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.
Sari, K., & Na, S. 2019. Hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku siswa memilih jajanan sehat di SD Negeri Jatiwaringin X Kota Bekasi Afiat, 5(01), 51- 61.
Sary, A. N., Harmawati, H., & Azmir, B. 2020. Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Sikap Keamanan Pangan dengan Tindakan Hygiene Penjaja Makanan Jajanan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 5(3), 550- 556.
Safitri, ismail, sari Tjarono. 2020. Pengaruh penyuluhan keamanan pangan dengan media poster terhadap pengetahuan penjamah makanan dan keamanan pangan berdasarkan skor keamanan pangan di rumah makan lesehan. Naskah publikasi Yogyakarta : poltekkes kemenkes Yogyakarta. Diakses 10 september 2022 pukul 08.00 WIB.
Published
2024-04-30
How to Cite
PUTRI, Falicha Saniyah; HAKIMAH, Nurul; NURMAYANTI, Rani. Edukasi Media Poster Keamanan Pangan terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Penerapan Higiene Sanitasi pada Penjamah Makanan di Kantin SMKN 1 Grati. NUTRITURE JOURNAL, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 45-51, apr. 2024. ISSN 2828-9552. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/Nutriture/article/view/4056>. Date accessed: 21 june 2024. doi: https://doi.org/10.31290/nj.v3i1.4056.
Array ( )

Most read articles by the same author(s)