Pola Menu, Besar Porsi Penyajian dan Ketersediaan Energi dan Zat Gizi Makro pada Santri Usia 13-15 Tahun di Pondok Pesantren Kanjeng Sunan Kalijogo Kabupaten Probolinggo

  • Nur Ilhami Wulandari Basuki Putri Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang
  • Nurul Hakimah
  • Carissa Cerdasari

Abstract

Latar belakang: Pondok Pesantren Kanjeng Sunan Kalijogo merupakan salah satu institusi yang menyelenggarakan makanan bagi santri dan satriwati. Penyelenggaraan makanan di Pondok Pesantren Kanjeng Sunan Kalijogo belum memiliki siklus menu serta perencanaan menu. Menu makanan yang disajikan belum seimbang dan besar porsi belum sesuai dengan standar yang dianjurkan. Tujuan: Menganalisis pola menu, besar porsi penyajian dan ketersediaan energi dan zat gizi makro pada penyelenggaraan makan di Pondok Pesantren Kanjeng Sunan Kalijogo. Metode: Penelitian deskriptif dengan desain studi Crosss-secccctional. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Kanjeng Kabupaten Probolinggo pada tanggal 27 Juli-02 Agustus 2022. Populasi dalam penelitian ini yaitu santri laki-laki usis 13-15 tahun sebanyak 43 orang dengan teknik total sampling dan menu makan pagi dan makan siang selama 7 hari dengan teknik purposive sampling. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari menu yang disajikan selama 7 hari untuk makan pagi termasuk kategori tidak seimbang sebesar (100%), sedangkan untuk makan siang termasuk dalam kategori kurang seimbang sebesar (100%). Pada pemorsian makanan yang disajikan pada 14 menu makanan diperoleh hasil rata-rata penyajian makanan belum sesuai dengan standar yang dianjurkan. Dan ketersediaan energi dan zat gizi makro dalam kategori defisit. Simpulan: Disarankan kepada pihak penyelenggara makanan untuk tetap memperhatikan pola menu seimbang dengan menyesuaikan standar porsi yang dianjurkan sehingga dapat menambah nilai ketersediaan energi dan zat gizi pada menu yang disajikan.

Published
2023-05-22
How to Cite
PUTRI, Nur Ilhami Wulandari Basuki; HAKIMAH, Nurul; CERDASARI, Carissa. Pola Menu, Besar Porsi Penyajian dan Ketersediaan Energi dan Zat Gizi Makro pada Santri Usia 13-15 Tahun di Pondok Pesantren Kanjeng Sunan Kalijogo Kabupaten Probolinggo. NUTRITURE JOURNAL, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 60-66, may 2023. ISSN 2828-9552. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/Nutriture/article/view/3669>. Date accessed: 18 june 2024. doi: https://doi.org/10.31290/nj.v2i1.3669.
Array ( )