PEMBERDAYAAN ORANGTUA BALITA DALAM UPAYA “ANTICYPATORY GUIDANCE” DI POSYANDU ALAMANDA 79, KELURAHAN BARATAN, KEC. PATRANG, KAB. JEMBERAbstrak: Anticipatory guidance merupakan petunjuk-petunjuk yang perlu diketahui terlebih dahulu agar orang tua dapat men

  • gumiarti gumiarti poltekkes malang

Abstract

Abstrak: Anticipatory guidance merupakan petunjuk-petunjuk yang perlu diketahui terlebih dahulu agar orang tua dapat mengarahkan dan membimbing anaknya secara bijaksana, sehingga anak dapat bertumbuh dan berkembang secara normal. Tujuan kegiatan ini adalah menambah pengetahuan ibu dan mengubah perilaku ibu dalam penerapan anticipatory guidance. Metode yang digunakan adalah ceramah dan tanya jawab, diskusi dengan model TPS dan pendampingan. Hasil rata-rata nilai pengetahuan sebelum diberikan tindakan adalah 69 dan nilai rata-rata setelah diberikan tindakan adalah 77, kenaikan rata-rata nilai adalah 10,4%. Perilaku ibu pada anak balitanya antara lain, ibu yang masih melakukan kekerasan fisik dan psikologis dalam tindakan sehari-hari 55%, ibu yang melakukan kekerasan fisik dan psikis dalam menghadapi anaknya yang tantrum ada 40%,  ibu yang belum mengajarkan buang air besar di kamar mandi 20%, ibu yang rumahnya dekat parit dan belum diberi pengaman ada 15%. Setelah dilakukan pendampingan, perilaku ibu menjadi lebih baik. Ibu yang melakukan kekerasan fisik dan psikis dalam tindakan sehari-hari tinggal 10%, seluruh ibu sudah mengajarkan anaknya buang air besar ke WC atau kamar mandi, sudah tidak ada ibu yang melakukan kekerasan dalam menghadapi anaknya yang tantrum, dan masih ada 5% ibu yang belum memberi pengaman pada paritnya.

Published
2018-08-30
How to Cite
GUMIARTI, gumiarti. PEMBERDAYAAN ORANGTUA BALITA DALAM UPAYA “ANTICYPATORY GUIDANCE†DI POSYANDU ALAMANDA 79, KELURAHAN BARATAN, KEC. PATRANG, KAB. JEMBERAbstrak: Anticipatory guidance merupakan petunjuk-petunjuk yang perlu diketahui terlebih dahulu agar orang tua dapat men. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 44 - 49, aug. 2018. ISSN 2613-9383. Available at: <http://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/idaman/article/view/840>. Date accessed: 28 jan. 2021. doi: https://doi.org/10.31290/j.idaman.v(2)i(2)y(2018).page:44 - 49.
Array ( )