PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA MENGENAI MATERI PRINSIP DASAR ASURANSI
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v8i1.855Abstrak
Sebagai mahasiswa program studi asuransi kesehatan yang akan bekerja nantinya di bidang perasuransian, baik asuransi sosial maupun asuransi swasta, maka sudah selayaknya mahasiswa memahami materi tentang asuransi dengan baik. Untuk dapat memahami materi kuliah dengan baik, mahasiswa sebaiknya belajar dengan metode yang lebih meningkatkan peran serta aktif mahasiswa daripada belajar dengan pasif, hanya mendengar ceramah dari dosen. Untuk itu dalam penelitian ini akan diujicobakan penyampaian materi ke mahasiswa dengan metode cooperative learning tipe jigsaw, kemudian dilihat efektivitas metode belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan membandingkan hasil post test kelompok mahasiswa yang belajar dengan metode jigsaw dan mahasiswa yang belajar dengan metode ceramah pada dua materi kuliah dalam dua sesi tatap muka. Hasil penelitian menunjukkan rerata hasil nilai post test antara mahasiswa yang belajar dengan jigsaw dan ceramah berbeda secara signifikan. Untuk penelitian lebih lanjut, sebaiknya evaluasi dilakukan dengan melihat hasil ujian, bukan hanya hasil post test pada setiap sesi tatap muka.