EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DAN ULAR TANGGA TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI SISWA KELAS XI
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v8i1.690Kata Kunci:
pengetahuan kesehatan reproduksi remaja, media video, media ular tanggaAbstrak
Masalah kesehatan reproduksi pada remaja di Indonesia yang masih tinggi disebabkan oleh pengetahuan yang kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media video dan ular tangga terhadap tingkat pengetahuan kesehatan reproduksi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Dampit. Desain penelitian ini adalah pre eksperimental two group post test only dengan sampel siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Dampit bulan Mei sampai dengan Juni 2018 yang berjumlah 120 siswa dengan teknik proportional random sampling. Pengambilan data dengan cara membagi siswa ke dalam kelompok media video dan ular tangga untuk diberikan pendidikan kesehatan reproduksi kemudian mengisi kuesioner. Analisis data menggunakan U Mann Whitney dan didapatkan hasil bahwa mean rank media video 66,93 dan ular tangga 54,08. Dapat disimpulkan bahwa media video lebih efektif daripada ular tangga karena siswa tidak hanya memahami materi melalui ceramah tetapi juga melalui gambar bergerak.
Referensi
Surabaya: Jurnal Biometrika dan
Kependudukan, Vol. 2, No. 1 Juli 2013: 1–9
Bhinnety, Magda. 2008. “Struktur dan Proses Memoriâ€. Buletin Psikologi
Volume 16, NO. 2, 74 – 88. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
Fajar, dkk. 2009. Statistika untuk Praktisi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Imu
Fitra, 2013. “Pengaruh Penyuluhan
Kesehatan terhadap Peningkatan
Pengetahuan Kesehatan Reproduksi
Remajaâ€. Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Fitriani, Sinta. 2011. Promosi Kesehatan. Yogyakarta:Graha Ilmu
Hidayat, Alimul Aziz A. 2014. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
Jayani, Santi dan Hastjartjo, Thomas Dicky.
2011. “Pengaruh Frekuensi Pemberian
Tes Terhadap Memori Jangka Panjang
Bacaan pada Siswa SMA†Jurnal
Psikologi Volume 6, No.2, Agustus
2011:430-441
Jamil, Sya’ban.2016. Permainan Cerdas & Kreatif. Jakarta:Penebar Plus
Karimah,dkk.2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIIIâ€. Jurnal Pendidikan Fisika Vol.2 No.1
halaman 6
Kumalasari,Intan dan Adhyantoro,
Iwan.2012. Kesehatan Reproduksi
untuk Mahasiswa Kebidanan dan
Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Lestiyorini, Deti (2012). “Game Edukasi Ular Tangga pada Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasarâ€. Skripsi Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Laporan Pelaksanaan Kabupaten Malang Menuju Layak Anak Tahun 2015 diakses tanggal 10 September 2017
Maryam, Siti. Promosi Kesehatan dalam
Pelayanan Kebidanan. Jakarta:EGC
Miswanto, 2014.†Pentingnya Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas
pada Remajaâ€. Yogyakarta: Jurnal Studi Pemuda Vol. 3, No. 2, September
2014
Muliawan, Ungguh Jasa. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media
Notoadmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika
Mulyani,Sri.2013. 45 Permaianan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing
Pratiwi, Wahyuningrum. 2015. “Efektivitas
Penggunaan Model Pembelajaran
Students Team Achievement Division
(STAD) dan Group Investigation (GI)
Ditinjau dari Prestasi Belajar IPS pada
Siswa Kelas IV di SD Kasihan
Bantul.â€Jurnal Penelitian Universitas
PGRI Yogyakarta
Riwidikdo, Handoko. 2012. Statistika Kesehatan Belajar Mudah Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kesehatan (Plus Aplikasi Software SPSS). Yogyakarta: Nuha Medika
Romadhoni, Sarif. 2014. “Efektivitas
Penerapan Metode Brainstorming
terhadap Peningkatan Minat dan
Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas
X SMK YPKK 2 Sleman.â€Skripsi
Universitas Negeri Yogyakarta
Santjaka, Aris. 2011. Statistik untuk Penelitian Kesehatan (Deskriptif, Inferensial, Parametrik, dan Non Parametrik). Yogyakarta:Nuha Medika
Saraswati, Enggar. 2015. â€Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas III Semester 2 Materi Sudut dan
Pecahan di SD Negeri Se-desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.â€Program Studi Pendidikan Guru Selah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Smaldino, dkk. 2014. Instructional Technology and Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, Wiratna V. 2014. Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta:
Penerbit GAVA Media
Suprijanto.2009. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta:
PT.Bumi Aksara
Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 diakses tanggal 10
September 2017
Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2012 diakses tanggal 10 September
2017
Tarigan, Eka Ristin. 2016. “Efektivitas Promosi Kesehatan dengan Media Leaflet dan Video terhadap Pengetahuan da Sikap Remaja tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Berastagi.†Tesis Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara
Tedjasaputra, Mayke S.2007. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo
Uno, B Hamzah.2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta:PT.Bumi Aksara
Utami, Diana Dwisurya. 2012. “Pengaruh Waktu Recall Terhadap Memori Mahasiswa Yang Mengontrak Mata Kuliah Psikologi Kognitif di Fakultas Psikologi Universitas "X" Bandung†Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha
Wati, Rima Ega. 2016. Ragam media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Wulandari, dkk.2012. “Pemahaman Siswa Mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja Melalui Layanan Informasiâ€. Padang: Jurnal Ilmiah Konseling Vol.1
No.1
Yanti. 2011. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi untuk Mahasiswa Kebidanan.
Yogyakarta: Pustaka Rihama
Zamzami, Muhammad (2014). “Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode
Ular Tangga tentang Pencegahan Penyakit PES terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa SD Negeri 1 Selo Boyolaliâ€. Skripsi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta