ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING OLEH DOSEN SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 DI POLTEKKES TANJUNGKARANG TAHUN 2021 2022
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v12i1.3802Kata Kunci:
Pembelajaran daring, dosen, pandemiAbstrak
Pandemi global akibat virus COVID 19 berdampak bagi seluruh mayarakat dan di berbagai bidang termasuk ke dalam dunia pendidikan kesehatan. Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 dari Kemendikbud RI, sejak Maret 2020 pembelajaran dilakukan secara daring. Pembelajaran daring memiliki beberapa keunggulan yaitu tidak terbatas jarak, mencegah penularan virus covid 19, memudahkan interaksi antara dosen dan mahasiswa, dan cepat mengakses informasi. Namun ada juga kelemahan pembelajaran daring yaitu diperlukan sinyal internet yang baik, memerlukan perangkat pintar atau laptop yang memadai, penjelasan dosen sulit diterima karena tidak bertemu langsun. Pembelajaran daring tidak terlepas dari media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan mengetahui penggunaan media pembelajaran daring oleh dosen Poltekkes Tanjungkarang dan analisisnya. Desain penelitian adalah deskriptif, dengan populasi dan sampel seluruh dosen di Poltekkes Tanjungkarang, namun yang bersedia menjadi responden sebanyak 94 responden dari 150 populasi dosen 62,67 Persen. Alat ukur menggunakan kuesioner melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Zoom Meeting dan Grup Whatsapp paling banyak digunakan responden. Mayoritas responden membagikan materi perkuliahan dalam bentuk Power Point 88,3 Persen, 21 responden 22,3 Persen menggunakan media pembelajaran elektronik dan 43 responden 45,7 Persen menggunakan You Tube sebagai media pembelajaran
Referensi
Bilfaqih, Y., & Qomarudin, M. N. (2015). Esensi Pengembangan Pembelajaran Daring.
In Deepublish (Vol. 1, Issue 1).
Far Far, G. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19. Istoria : Jurnal Pendidikan dan Sejarah. Vol 17, No 1, September 2021.
Haqien & Rahman . (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada masa Pandemi Covid 19. SAP (Satuan Acara Pendidikan). Vol. 5, No 1, Agustus 2020.
Inana, dkk (2021). Seminar nasional Hasil Penelitian 2021. Penguatan Riset, Inovasi dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid 19. ISBN: 978-623-387-014-6.
Karim, Mulyatnah & Nurahmah. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru & Dosen. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat : E-Dimas.
Khasanah, Nasan & Jus-aini. (2021). Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group dalam Pembelajaran Daring. Akademika. Vol 10, No.1, 2021.
Kusmana, A. (2019). Jurnal
Lentera Pendidikan : Vol. 14, No,1.
Mamase, Tupamahu & Sabiku. (2019). Pemanfaatan Visual Animasi Sebagai Media Interktif untuk Meningkatkaan Minat Belajar. Jurnal Abdimas Gorontalo. Vol 2 (2), Hal 88 – 94.
Nakayama, M., Yamamoto, H., & Santiago, R. (2006). Investigating The Impact Of
Learner Characteristics On Blended Learning Among Japanese Students. Proceedings Of The International Conference On E-Learning, Icel, 2006- January(3),361–370.
Sadikin and Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19. Biodik. Vol 6,no.2,pp,109 – 119.doi:10.22437/bio.v6i2.9759.
Syahroni, Dianastiti & Firmadani (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning. Vol 4 No. 32020, pp 170-178
Utami & Zannah. (2021). You Tube Sebagai Sumber Informasi bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid 19. Sinestesia : Vol. 11, No.1, 2021.