ANALISIS FAKTOR FAKTOR KEPUASAN DAN LOYALITAS ORANG TUA TERHADAP PELAYANAN IMUNISASI BALITA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI

Penulis

  • Lama'ah Azzahra' Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31290/jpk.v12i1.3074

Kata Kunci:

Kepuasan dan loyalitas, Pelayanan imunisasi balita, Pandemi

Abstrak

Pentingnya pelaksanaan imunisasi pada balita dilakukan sesuai dengan target RPJMN yang telah ditentukan. Namun pada realitanya, cakupan imunisasi di Indonesia masih rendah menduduki posisi ketiga dalam permasalahan kesehatan. Pada saat pandemi, pelaksanaan imunisasi tetap dijalankan namun harus mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan agar tetap aman dan nyaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor kepuasan dan loyalitas tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy orang tua terhadap pelayanan imunisasi balita sebelum dan saat pandemi. Metode penelitian ini menggunakan studi literature review yang diterbitkan dalam jangka waktu lima tahun terakhir dengan sumber data pencarian artikel, jurnal ilmiah, skripsi atau thesis dilakukan pada database Google Scholar dalam jangka waktu tahun 2016 hingga tahun 2021 untuk mengambil artikel yang relevan dengan kesesuaian topik penulisan dalam bahasa Indonesia. Metode tinjauan yang digunakan adalah Kerangka PICOS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan pada faktor kepuasan dan loyalitas yaitu pada faktor tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy orang tua terhadap pelayanan imunisasi balita sebelum dan saat pandemi. Terlebih pada saat pandemi semua pelayanan imunisasi yang diberikan oleh tenaga dan petugas kesehatan disesuakan dengan anjuran dan peraturan pemerintah dalam mematuhi protokol kesehatan demi menjaga keamanan dan kenyamanan para orang tua dan balita.

Referensi

Auliyah, Rabbiatul. 2020. Hubungan Karakteristik Petugas Program Indonesia Sehat Melalui Pendekatan Keluarga Dengan Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap Di Kabupaten Banjar Tahun 2020. Diploma Thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.
Carla, Runtunuwu, dkk. 2020. Hubungan Kualitas Pelayanan Posyandu dengan Kepuasan Ibu dalam Pemberian Imunisasi Balita di Desa Kalasey Satu Wilayah Kerja Puskesmas Tateli. Skripsi. Universitas Katolik De La Salle, Manado.
Dewa, Alpian Umbu. 2017. Alasan Orang Tua Tidak Membawa Anaknya Untuk Imunisasi. Skripsi. Universitas Airlangga.
Isakh, B. M dan Suryatma, Anton. 2021. Karakteristik Masyarakat Dan Hubungannya Dengan Kepuasan Pelayanan Vaksinasi Di 11 Provinsi Di Indonesia. Jurnal Health Sains, Vo. 02, No. 03.
Kemeterian Kesehatan Republik Indonesia. 2015. Rencana Strategi Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019. Jakarta.
Lestari W, Margawati A, and Z. R. 2014. Faktor Risiko Stunting pada Anak Umur 6-24 Bulan Di Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam Provinsi Aceh. Jurnal Gizi Indonesia, Vol.3, No.1.
Manzilati, Asfi. 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Mardianti, & Farida, Y. 2020. Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Status Imunisasi Dasar pada Bayi Di Desa Rengasdengklok Selatan Kabupaten Karawang. Jurnal Kebidanan Indonesia, Vol. 11, No. 01, Halaman 17-29. https://doi.org/10.36419/jkebin.v11i1.322.
Pradini, Lolita Indah. 2021. Analisis Tingkat Kepuasan Orang Tua Terhadap Layanan Imunisasi Measles Rubella (Mr) Pada Anak Sekolah Selama Pandemi Covid-19 Di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Diponegoro University.
Sasmita, Ristia Desi. 2021. Tingkat Kepuasan Orangtua Terhadap Pelayanan Imunisasi Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Puskesmas Kandangan Kabupaten Temanggung. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Selviani. 2016. Kualitas Pelayanan Imunisasi Di Pusat Kesehatan Masyarakat Kinovaro Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi. Katalogis, Vol. 04, No. 02. Universitas Tadulako.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-04-26

Cara Mengutip

Azzahra’, L. (2023). ANALISIS FAKTOR FAKTOR KEPUASAN DAN LOYALITAS ORANG TUA TERHADAP PELAYANAN IMUNISASI BALITA SEBELUM DAN SAAT PANDEMI. Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), 12(1), 43–53. https://doi.org/10.31290/jpk.v12i1.3074