PENGETAHUAN TERHADAP PENCEGAHAN MYOPIA DENGAN WEBINAR BERPERILAKU SEHAT SECARA DIGITAL

Penulis

  • Bertakalswa Hermawati Public Health Department, Universitas Negeri Semarang
  • Oktia Woro Kasmini Handayani Universitas Negeri Semarang
  • Fitri Indrawati Universitas Negeri Semarang
  • Nur Siyam Universitas Negeri Semarang
  • Putri Nur Tamalla Universitas Negeri Semarang
  • Vika Rifti Ananditya Universitas Negeri Semarang
  • laurell Shanisa Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31290/jpk.v11i1.2907

Kata Kunci:

miopia, pengetahuan, perlindungan kesehatan, orang tua, anak

Abstrak

Kasus gangguan penglihatan miopia pada anak usia sekolah meningkat selama pandemic. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan orang tua terhadap perlindungan kesehatan miopia pada anak  dalam masa pandemi setelah diberikan intervensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi experimental study dan rancangan The One Group Pretest Posttest  Populasinya adalah  orang tua dengan anak usia sekolah antara 6 sampai 10 tahun di SD Al Huda. Sampel dalam penelitian ini yakni 28 orang tua dengan anak usia sekolah antara 6 sampai 10 tahun di SD Al Huda yang bersedia terlibat dalam intervensi ini. Metode yang digunakan adalah ceramah dengan webinar menggunakan aplikasi zoom mengenai gangguan penglihatan miopia. Komponen yang akan disampaikan yakni pengertian myopia, kategori, dampak miopia, faktor resiko dan faktor pelindung miopia,  Instrumen penelitian ini adalah kuisioner dalam bentuk google form yang diberikan sebelum dan sesudah intervensi. Analisis data menggunakan uji  Wilcoxon Rank Test untuk mengukur peningkatan pengetahuan perlindungan kesehatan orang tua setelah diberikan intervensi. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan ada peningkatan pengetahuan pada orang tua siswa terhadap upaya perlindungan kesehatan miopia sebesar 0.019

Referensi

Anwar, M., Uleng, A. T., Dewi, N. A., Nurfadillah, S., Kimia, P., & Makassar, U. N. (2021). Implementasi Webinar Untuk Pembinaan Mahasiswa Baru Dalam Menghadapi Dunia Kampus ABSTRAK. Jurnal Lepa-Lepa Open, 1, 320–328.
Arimbawa, P. E., Gede, I. P., Purwa, A., & Wardhana, Z. F. (2021). Health belief model and the understanding of rational use of medicines. International Journal of Public Health Science, 10(2), 411–417. https://doi.org/10.11591/ijphs.v10i2.20737
Camhi, S. S., Shah, K., & Cavuoto, K. M. (2020). Pediatric Eye Care: We Cannot Lose Sight of Its Importance despite the COVID-19 Pandemic. Journal of Binocular Vision and Ocular Motility, 70(4), 147–149. https://doi.org/10.1080/2576117X.2020.1830677
Cimberle, M. (2020). Increased digital screen time during COVID-19 may accelerate myopia epidemic. Healio. https://www.healio.com/news/ophthalmology/20201014/increased-digital-screen-time-during-covid19-may-accelerate-myopia-epidemic
Ebner, C., & Gegenfurtner, A. (2019). Learning and Satisfaction in Webinar, Online, and Face-to-Face Instruction: A Meta-Analysis. Frontiers in Education, 4. https://doi.org/10.3389/feduc.2019.00092
Hosoda, Y., Yoshikawa, M., Miyake, M., Tabara, Y., Shimada, N., Zhao, W., Oishi, A., Nakanishi, H., Hata, M., Akagi, T., Ooto, S., Nagaoka, N., Fang, Y., Kawaguchi, T., Setoh, K., Takahashi, Y., Kosugi, S., Nakayama, T., Ohno-Matsui, K., … Yamashiro, K. (2018). CCDC102B confers risk of low vision and blindness in high myopia. Nature Communications, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.1038/s41467-018-03649-3
Mohalik, R., & Poddar, S. (2020). Effectiveness of Webinars and Online Workshops during the COVID-19 Pandemic. SSRN Electronic Journal, 13(34), 2–4. https://doi.org/10.2139/ssrn.3691590
Nisaussholihah, N., Faradis, H., Roesbiantoro, A., Muhammad, D., & Salim, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kejadian Miopia Pada Anak Usia Sekolah (4-17 Tahun) Di Poli Mata Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Jurnal Kesehatan Islam?: Islamic Health Journal, 9(2), 55. https://doi.org/10.33474/jki.v9i2.8872
Ratulangi, S., & Lan, S. (2020). Analisis Efektivitas Penggunaan Media Webinar dalam Pengembangan Kualitas Guru Analysis of the Effectiveness of Using the Webinar Medium in Teacher Development. Prosiding Konferensi Nasional Ilmu Administrasi 4.0, 217–222.
Scott, L.D., Jacks, L. L. (2017). Promoting Healthy Lifestyles in Urban and Rural Elders. Online Journal of Rural Nursing and Health Care, 1(2).
Spillmann, L. (2020). Stopping the rise of myopia in Asia. Graefe’s Archive for Clinical and Experimental Ophthalmology, 258(5), 943–959. https://doi.org/10.1007/s00417-019-04555-0
Stefan, N., & O, von dem K. (2020). Effectiveness of Community-Based Health Promotion Interventions in Urban Areas: A Systematic Review. Journal of Community Health, 45(2), 419–434. https://doi.org/10.1007/s10900-019-00733-7.
Sumitro, S., J, H. K., & Istiono, W. (2019). The Effect of Lecture and Small Group Discussion Method in Health Education Towards Dengue Haemorrhagic Fever Vector Larva Free Proportion in Gunungkidul Regency. Review of Primary Care Practice and Education (Kajian Praktik Dan Pendidikan Layanan Primer), 2(1), 25. https://doi.org/10.22146/rpcpe.44471
Upadhyay, S. (2015). Myopia, Hyperopia and Astigmatism: A Complete Review with View of Differentiation. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online Index Copernicus Value Impact Factor, 4(8), 2319–7064. http://www.ijsr.net/archive/v4i8/SUB157086.pdf
Vadhariya, A., & Sansgiry, S. S. (2015). Use of Health belief model to understand Knowledge, Attitudes And Behaviors of People Towards The Ebola outbreak. Value in Health, 18(3), A241. https://doi.org/10.1016/j.jval.2015.03.1405
Wang, J., Li, Y., Musch, D. C., Wei, N., Qi, X., Ding, G., Li, X., Li, J., Song, L., Zhang, Y., Ning, Y., Zeng, X., Hua, N., Li, S., & Qian, X. (2021). Progression of Myopia in School-Aged Children after COVID-19 Home Confinement. JAMA Ophthalmology, 139(3), 293–300. https://doi.org/10.1001/jamaophthalmol.2020.6239
Wardani, E. M., Bistara, D. N., & Septianingrum, Y. (2021). Promosi Kesehatan Pencegahan Penularan Infeksi Covid-19 Pada Masyarakat Melalui Webinar Series. Dedication?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 71–76. https://doi.org/https://doi.org/10.31537/dedication.v5i1.441
World Health Organization. (2015). The Impact of Myopia and High Myopia. In World Health Organization–Brien Holden Vision Institute (Issue March). https://www.who.int/blindness/causes/MyopiaReportforWeb.pdf
Wu, P., Huang, H., & Yu, H. (2016). Epidemiology of Myopia. 5(6), 386–393. https://doi.org/10.1097/APO.0000000000000236
Zare, M., Ghodsbin, F., Jahanbin, I., Ariafar, A., Keshavarzi, S., & Izadi, T. (2016). The effect of health belief model-based education on knowledge and prostate cancer screening behaviors: A randomized controlled trial. International Journal of Community Based Nursing and Midwifery, 4(1), 57–68.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-25

Cara Mengutip

Hermawati, B., Handayani, O. W. K., Indrawati, F., Siyam, N., Tamalla, P. N., Ananditya, V. R., & Shanisa, laurell. (2022). PENGETAHUAN TERHADAP PENCEGAHAN MYOPIA DENGAN WEBINAR BERPERILAKU SEHAT SECARA DIGITAL. Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), 11(1), 27–32. https://doi.org/10.31290/jpk.v11i1.2907