PENGARUH EDUKASI MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG AKTIVITAS FISIK BAGI PENGGUNA SOCIAL MEDIA INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v10i2.2436Kata Kunci:
Edukasi, Media Video, PengetahuanAbstrak
Aktivitas fisik merupakan aktivitas yang dilakukan dalam kondisi sehat fisik dan mental atas kesanggupan tubuh individu. Berdasarkan studi pendahuluan terhadap fenomena yang dialami responden yaitu responden melakukan aktivitas fisik tetapi masih belum mengetahui dengan benar aktivitas fisik. Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui pengaruh edukasi media video terhadap pengetahuan tentang aktivitas fisik bagi pengguna social media Instagram. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif pre experimental dengan metode one group pre test post test. Populasi dalam penelitian ini adalah followers pengguna social media Instagram peneliti, sejumlah 38 responden. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini merupakan sampling sistematis dan purposive sampling. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2020 sampai dengan April 2021 secara online. Analisis data diolah menggunakan Uji Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukan dari uji wilcoxon yaitu nilai Z sama dengan negatif 4.023, pada taraf signifikasi 5 persen dengan p value asymp Sig. 2 tailed sebesar 0,000. Nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka dinyatakan bahwa Ha diterima, artinya adanya perbandingan ketika pretest dan posttest. Dapat dikatakan penelitian ini yaitu ada pengaruh edukasi melalui media video terhadap pengetahuan tentang aktivitas fisik bagi pengguna social media Instagram.
Referensi
Dari, N. W., Nurchayati, S., & Hasanah, O. (2014, Oktober). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Senam Kaki Melalui Media Audio Visual Terhadap Pengetahuan Pelaksanaan Senam Kaki Pada Pasien DM Tipe 2. JOM PSIK Vol. 1 No. 2 Oktober 2014, 1(2), 1-7.
Dariyo, A. (2008). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda . Jakarta: Grasindo.
Duludu, U. A. (2017). Buku Ajar Kurikulum Bahan dan Media Pembelajaran PLS (1st ed.). Yogyakarta: Deepublish.
Khuluq, K. S., & dkk. (2020). Media Sosial, Identitas, Transformasi, dan Tantangannya. Malang: Program Studi Ilmu Komunikasi UMM.
Kinanti, S. P., & Putri, B. P. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @Zapcoid Terhadap Brand Equity Zap Clinic. Jurnal Komunikasi Vol. 9, No. 1, Juli 2017, Hal 53 - 64, 53-64.
Nurmala, I., Rahman, F., Nugroho, A., Erlyani, N., Laily, N., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Kesehatan . Surabaya: Airlangga University Press.
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Penelitian Keperawatan Edisi 2 (2nd ed.). (T. E. Medika, Ed.) Jakarta: Salemba Medika.
P2PTM Kemenkes RI. (2018). Retrieved Oktober 21, 2020, from P2PTM Kemenkes RI: http://p2ptm.kemkes.go.id
Pramono, B. A., Nurhasan, & Fithroni, H. (2019). Teknologi Olahraga (Perkembangan Olahraga Era Milenial 4.0). (T. Z. Jawara, Ed.) Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Prasetya, F., Jumakil, & Sidiq, N. M. (2019). Prosiding Seminar Nasional Kesehatan: Penguatan dan Inovasi Pelayanan Kesehatan dalam Era Revolusi Industri 4.0 Kendari, 26 Oktober 2019. (F. Prasetya, Jumakil, & N. M. Sidiq, Eds.) Kendari: UHO EduPress.
Pratama, B. A., & Sari, D. S. (2020, Februari). Dampak Sosial Intensitas Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Berupa Sikap Apatis Di SMP Kabupaten Sukoharjo. GASTER Vol. 18 No. 1, Februari 2020, 18(1), 65-75.
Purba, R. A., Tamrin, A. F., Bachtiar, E., Makbul, R., Rofiki, I., Metanfanuan, T., . . . Ardiana, D. P. (2020). Teknologi Pendidikan (1st ed.). (T. Limbong, Ed.) Medan: Yayasan Kita Menulis.
Putri, A. A., Tahyuddin, D., & Husin, A. (2018). Sumber-sumber Informasi Wisata Edukasi Di Kota Palembang. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat Vol. 5, No.1 (2018), 5(1), 18-32.
Redaksi Sehat Negeriku. (2019). Retrieved Oktober 21, 2020, from Sehat Negeriku: http://sehatnegeriku.kemkes.go.id
Riani, S. M., & Winduwati, S. (2020, Oktober). Persepsi Khalayak pada Tayangan Konten Gaya Hidup Sehat oleh Influencer. Jurnal Koneksi Vol. 4, No. 2, Oktober 2020, Hal 274-279, 4(2), 274-279.
Shrivastava, K. M. (2013). Social Media in Business and Governance. New Delhi: Sterling Publishers.
WHO. (2018). Retrieved Oktober 22, 2020, from World Health Organization: https://www.who.int/
Zulmiyetri, Nurhastuti, & Safaruddin. (2020). Penulisan Karya Ilmiah Edisi Pertama (1st ed.). Jakarta: Kencana.