Gambaran Motivasi Belajar Pada Remaja Yang Mengalami Broken Home Dampak Perceraian Orang Tua Di SMA Laboratorium UM Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v8i2.1423Kata Kunci:
Motivasi, belajar, mudaAbstrak
Konflik konflik yang berkepanjangan dalam keluarga akan berakibat kepada perceraian. Dalam hal ini perceraian yang terjadi akan menimbulkan dampak merugikan bagi anak. Bukan saja masalah emosional dan kejiwaan pada anak yang akan terganggu tetapi masalah motivasi belajar pada sang anak juga akan menurun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran Motivasi Belajar pada Remaja yang Mengalami Broken Home atau Dampak Perceraian Orang Tua. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif studi kasus dengan 2 subjek penelitian dan dilakukan pada 12 Maret 2019. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara mendalam dalam pengambilan data dengan instrumen yang telah dipersiapkan. Data disajikan dalam bentuk narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek penelitian yaitu BA dan FH, sama sama masih memiliki motivasi belajar walaupun dalam keadaan orang tua bercerai, motivasi kedua subjek penelitian tersebut diperoleh dari dukungan orang yang mereka sayangi. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah peneliti hendaknya dapat membangun relasi yang lebih hangat dan mendalam dengan subjek yang akan menjadi responden dalam penelitian tersebut.
Referensi
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VI. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hakiki, A. 2017. Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
Hallosehat. 2017. Berbagai Masalah Yang Dialami Anak Broken Home. (Online), (https://hellosehat.com/hidup-sehat/psikologi/masalah-anak-broken-home/, diakses pada tanggal 16 Oktober 2018).
Haryanie, dkk. 2017. Tangerang: Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Emosional Anak. (online), http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/download/1697/1364/, diakses pada tanggal 15 Januari 2019.
Hidayat, D, R. 2009. Ilmu Perilaku Manusia. Jakarta: CV. Trans Info Media.
Indriani, D. 2018. Dampak Perceraian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak. Lombok: Universitas Mataram.
Jawa Pos. 2016. Angka Perceraian di Malang Sangat Tinggi. (online), (https://www.jawapos.com/jpg-today/16/06/2016/angka-perceraian-di-malang-sangat-tinggi, diakses pada tanggal 16 Oktober 2018).
Kompri. 2016. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Latipah, E. 2017. Psikologi Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nursalam. 2009. Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis, dan Intrumen Penelitian Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Purnaningsih, F. 2016. Motifasi Belajar Remaja Yang Mengalami Broken Home. Jogjakarta: Universitas Sanata Dharma.
Raharjo, B. 2016. Angka Perceraian di Kabupaten Malang Tertinggi Kedua di Indonesia. (online), (https://m.republika.co.id/berita/nasional/daerah/16/10/03/oeh4rc415-angka-perceraian-di-kabupaten-malang-tertinggi-kedua-di-indonesia, diakses pada tanggal 16 oktober 2018).
Setiadi. 2007. Konsep dan Penulisan Riset Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sumiati, dkk. 2009. Kesehatan Jiwa Remaja dan Konseling. Jakarta: Trans Info Media.
Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.
Uno, H, B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Widiastuti, R. 2015. Dampak Perceraian Dalam Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. 2(2):79-149. (online), http://journal.trunojoyo.ac.id/pgpaudtrunojoyo/article/download/1829/1512, diakses pada tanggal 15 Januari 2019.
Yulianto, A. 2018. Ratusan Ribu Perceraian Terjadi Dalam Setahun. (online), (https://m.republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/18/01/21/p2w4v9396-ratusan-ribu-kasus-perceraian-terjadi-dalam-setahun, diakses pada tanggal 16 Oktober 2018).
Yusuf, M. (Online), (http://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/bayan/article/viewFile/112/101, diakses pada tanggal 16 Oktober 2018).