Dampak Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Konsumsi Pada Penyelenggaraan Makanan di SD Islamic Global School Malang

Penulis

  • Lintang Mega Pertiwi Gizi
  • Dwie sulistyorini Poltekkes Kemenkes Malang
  • Theresia Puspita Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.31290/jpk.v8i2.826

Kata Kunci:

tingkat pengetahuan, tingkat konsumsi

Abstrak

Banyak sekolah dasar yang belum memiliki standar porsi dan mempersilahkan siswa nya mengambil makanan sendiri, sehingga  porsi makan setiap siswa berbeda beda sesuai keinginan siswa. Edukasi dan pengetahuan sebaiknya diberikan kepada siswa siswi agar dapat memunculkan kesadaran dalam diri mereka tentang pentingnya menerapkan porsi makan yang sesuai dengan standar porsi yang dianjurkan dan zat gizi untuk tubuh mereka. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan one group pretest post test design. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan tingkat pengetahuan sebelum dan sesudah penyuluhan gizi yang disebabkan karena metode penyuluhan ceramah dan partisipan dapat menarik perhatian responden dan menstimulasi responden untuk menerima informasi yang diberikan. Tidak ada perbedaan tingkat konsumsi energy, protein, dan lemak sebelum dan sesudah penyuluhan, sedangkan tingkat konsumsi karbohidrat mengalami perbedaan pada saaat sebelum dan sesudah penyuluhan.

Referensi

Yulandari, Siska. 2013. Hubungan Tingkat
Kemenkes RI. 2010. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia. tahun 2010. Badan Penelitian dan Pengembangan, Jakarta.
Solihin, 2005. P. Ilmu Gizi Pada Anak. FKUI, Jakarta.
Tampubolon. 2009. Pengaruh Media Visual Poster danLeaflet Makanan Sehat terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Jajanan Pelajar Kelas Khusus SMA
Negeri 1 Panyabungan Kabupaten
Mandailing Natal, Skripsi, USU, Medan
Pulungan, R. 2007. Pengaruh Metode
Penyuluhan terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Dokter Kecil dalam Pemberantasan Sarang Nyamuk Demam Berdarah Dengue (PSN DBD) di Kecamatan Helvetia. Tesis: Sekolah Pascasarjana, USU, Medan.
Suryaalamsyah, I.I. 2009. Konsumsi Fastfood dan Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kegemukan Anak Sekolah Di SD Bina Insani Bogor. Tesis, Program Pasca Sarjana, IPB, Bogor.
Adriani, M. dan Wirjatmadi, B. 2012. Peranan Gizi dalam Siklus Kehidupan. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
SD Pertiwi 3, Skripsi, Universitas Andalas, Padang.
Irnani, H. dan Sinaga, T. Pengaruh Pendidikan Gizi Terhadap Pengetahuan, Praktik Gizi Seimbang Dan Status Gizi Pada Anak Sekolah Dasar, Jurnal Gizi Indonesia, 6(1), Paringin, Kalimantan Selatan.

Notoatmodjo, S. 2007. Perilaku kesehatan dan ilmu perilaku. Rineka Cipta: Jakarta
Notoadmojo, S. 2005. Metode Penelitian
Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta Dasar Kecamatan Sungai Sembilan Kota Dumai, JOM FK Volume 3, No 1,Riau

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-10-29

Cara Mengutip

Pertiwi, L. M., sulistyorini, D., & Puspita, T. (2019). Dampak Penyuluhan Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Tingkat Konsumsi Pada Penyelenggaraan Makanan di SD Islamic Global School Malang. Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), 8(2), 111–119. https://doi.org/10.31290/jpk.v8i2.826

Terbitan

Bagian

Original Research