PENGARUH EDUKASI MEDIA DENGUE CARDS GAME TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN DBD DI SDN CIPTOMULYO 2 KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v13i1.4476Kata Kunci:
Edukasi, Media, Pengetahuan DBDAbstrak
Kasus DBD di Kota Malang pada tahun 2022 tercatat sebanyak 569 kasus, dimana penderita DBD didominasi dengan anak-anak yang berusia 1- 14 tahun sebanyak 225 orang. Penambahan kasus tersebut karena kurangnya keterpaparan terhadap informasi kesehatan yang menyebabkan rendahnya kesadaran anak dalam upaya pencegahan. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi promosi kesehatan menggunakan media dengue cards game yang disajikan dalam bentuk gambar dan keterangan sehingga memiliki daya tarik tersendiri bagi anak untuk mempelajarinya. Penelitian ini menggunakan pre-eksperimental design dengan pendekatan one group pre-test post-test design. Populasinya yaitu semua siswa di SDN Ciptomulyo 2 Kota Malang yang berjumlah 199. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik pusposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 50 responden. Instrument yang digunakan adalah kuesioner. Dari hasil penelitian ini menunjukkan tingkat pengetahuan siswa sebelum diberikan edukasi tentang DBD dengan presentase tingkat pengetahuan baik sebanyak 4% setelah diberikan edukasi mengalami peningkatan yang signifikan menjadi 90%. Berdasarkan hasil dari uji Wilcoxon dengan tingkat signifikansi 0,05, didapatkan hasil nilai p value 0,000 dengan demikian penelitian ini menolak Ho artinya ada pengaruh yang bermakna antara edukasi menggunakan media dengue cards game terhadap perubahan pengetahuan siswa sekolah dasar. Media Dengue Cards Game ini bisa digunakan sebagai salah satu alternatif dalam melakukan edukasi pencegahan DBD.
Referensi
Budiman, R. A. (2013). Kapita selekta kuesioner: Pengetahuan dan sikap dalam penelitian kesehatan. Jakarta: Salemba Medika, 2013, P4-8.
CDC. (2019). Penularan Demam Berdarah. https://www.cdc.gov/dengue/transmission/index.html
CDC. (2022). Siklus Hidup Aedes aegypti dan Ae. Nyamuk albopictus. https://www.cdc.gov/mosquitoes/about/life-cycles/aedes.html
Dewi, N. K. D. R., Satriani, N. L. A., & Pranata, G. K. A. W. (2022). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Perilaku Pencegahan Demam Berdarah Dengue Pada Masyarakat Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 6(1), 67–73.
Dinkes Jatim. (2022). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2022. https://dinkes.jatimprov.go.id/userfile/dokumen/PROFIL%20KESEHATAN%20JATIM%202022.pdf
Dinkes Kota Malang. (2022). Profil Kesehatan Kota Malang Tahun 2022. https://dinkes.malangkota.go.id/wp-content/uploads/sites/104/2023/08/profilkes-kota-malang-2022.pdf
Dirjen P2PL Kemenkes. (2011). Modul pengendalian demam berdarah dengue. Kementrian Kesehatan RI.
Fadillah, F., Tahlil, T., & Hermansyah, H. (2017). Efektivitas Kartu Kuartet Berbasis Multimedia Terhadap Perubahan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Berdasarkan Teori Health Promotion Model. Jurnal Ilmu Keperawatan, 5(1), 90–101.
Farasari, R., & Azinar, M. (2018). Model buku saku dan rapor pemantauan jentik dalam meningkatkan perilaku pemberantasan sarang nyamuk. Journal of Health Education, 3(2), 110–117.
Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi perkembangan anak dan remaja. BPK Gunung Mulia.
Hasnianti, H. (2019). Efektivitas Permainan Kartu Kuartet dan Metode Menghafal. An Nabighoh, 21(02), 227–238.
Hayat, F., Nurdiawati, E., & Kurniatillah, N. (2021). Edukasi Gerakan Pemberantasan Nyamuk (Psn) Demam Berdarah Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Kecamatan Jawilan Kabupaten Serang. Jurnal PengaMAS, 4(2), 146–151.
Izzaty, R. E., Suardiman, S., Ayriza, Y., Purwandari, H., & Kusmaryani, R. (2008). Perkembangan peserta didik. Yogyakarta.
Karimuddin Abdullah, & Misbahul Jannah. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/28559/1/Buku%20Metodologi%20Penelitian%20Kuantitatif.pdf
Karsono, K., Sujana, Y., Daryanto, J., & Yustinus, N. (2014). Penggunaan kartu kuartet untuk meningkatkan pemahaman keberagaman seni tradisi nusantara pada siswa sekolah dasar. Mimbar Sekolah Dasar, 1(1), 43–49.
Kemenkes. (2016). PHBS. https://ayosehat.kemkes.go.id/phbs
Kemenkes. (2017). Pedoman pencegahan dan pengendalian demam berdarah dengue di indonesia.
Kemenkes. (2020). Pedoman Nasional Pelayanan Kedokteran Tata Laksana Infeksi Dengue Pada Dewasa.
Kemenkes. (2022). Demam Berdarah Dengue. https://ayosehat.kemkes.go.id/topik-penyakit/ntd--malaria/demam-berdarah-dengue
Kolondam, B. P., Nelwan, J. E., & Kandou, G. D. (2020). Gambaran Perilaku Masyarakat tentang Upaya Pencegahan Penyakit Demam Berdarah Dengue. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 1(1).
Kurniawan, W., Anwar, S., Nurhayati, N., & Khasanah, U. (2022). Model Pendidikan Kesehatan Integratif dan Kolaboratif Siswa Sebaya dalam Pencegahan Demam Berdarah Dengue. Jurnal Keperawatan, 14(3), 583–596.
Maksum, A., & Hani, U. (2017). Media Pembinaan Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Dengen Media Kartu Kwartet Tajwid. Geneologi PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 31–40.
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif Jean Piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman, 13(1), 116-152.
Notoatmodjo, S. (2010). Ilmu perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 200, 26–35.
Oktaviani, E., Susmini, S., & Ridawati, I. D. (2022). Permainan Edukatif Quarted Flash Card (QFC) Sebagai Media Promosi Kesehatan Penyakit Menular dan Tidak Menular pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(7), 2216–2225.
Prasetya, Y. E. (2016). Pengembangan Media Permainan Kartu Kwartet Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Pokok Segitiga Dan Segiempat. MATHEdunesa, 5(1).
Pueyo-Garrigues, M., Whitehead, D., Pardavila-Belio, M. I., Canga-Armayor, A., Pueyo-Garrigues, S., & Canga-Armayor, N. (2019). Health education: A Rogerian concept analysis. International Journal of NursingStudies, 94, 131–138.
Ribek, I. N., Asrini, K. M., Sulisnadewi, N. L. K., & Labir, I. K. (2021). Perilaku Kesehatan Anak Sekolah Dasar Memiliki Kerentanan Terjadinya Demam Berdarah Dengue. Jurnal Gema Keperawatan, 14(2), 174–184.
Riszky, M., Rahmah, M. N., Sari, A. J., & Silmi, I. S. (2021). The Effect of Quartet Card Learning on Semantic Memory of SD Unggulan Puri Taman Sari Makassar.
Rubandiyah, H. I., & Nugroho, E. (2018). Pembentukan kader jumantik sebagai upaya peningkatan pengetahuan siswa di sekolah dasar. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 2(2), 216–226.
Ruminem, R., & Sari, R. P. (2020). Hubungan pengetahuan dengan sikap siswa dalam pencegahan penyakit demam berdarah dengue (DBD) di SD Negeri No. 015 Kecamatan Samarinda Ulu. Jurnal Kesehatan Pasak Bumi Kalimantan, 1(2), 72–83.
Sembiring, E. E. (2023). Edukasi Pencegahan dan Pertolongan Pertama Demam Berdarah Dengue di Rumah. Jurnal Lentera-Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 01–05.
Septian emma dwi jatmika, Muchsin maulana, Prof kuntoro, & Dr santi. (2019). Buku ajar pengembangan media promosi kesehatan. https://eprints.uad.ac.id/15793/1/Buku%20Ajar%20Pengembangan%20Media%20Promosi%20Kesehatan.pdf
Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Alfabeta, Bandung.
Suminar, D. R. (2019). Psikologi bermain: Bermain & permainan bagi perkembangan anak. Airlangga University Press.
Tambunan, N. J. (2019). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Cara Menyikat Gigi Terhadap Kebersihan Gigi Dan Mulut Pada Siswa/Siswi Kelas Iv & V Sd Negeri No. 173547 Tambunan Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir.
Tan, D. A. D., & Wibowo, C. (2015). Pengaruh Permainan Kartu Kwartet Terhadap Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Jepang. PSIKODIMENSIA, 14(1), 135–152.
Tohardi, A. (2019). Pengantar Metodologi Penelitian Sosial+ Plus. Tanjungpura University Press.
Tokan, P. K., & Artama, S. (2022). EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN DEMAM BERDARAH DENGUE TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN KETERAMPILAN JUMANTIK SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR INPRES WATUJARA KABUPATEN ENDE. Sulolipu: Media Komunikasi Sivitas Akademika Dan Masyarakat, 22(2), 350–360.
Tule, N. R. S., Wicaksana, A. Y., Astuti, T. D., & ST, S. (2020). Systematic Review: Identifikasi Faktor Jenis Kelamin dan Kelompok Usia Pada Pasien Demam Berdarah Dengue Dengan Pendekatan Kasus Tromnositopenia.
WHO. (2011). Prevention And Control Of Dengue And Dengue Haemorrhagic Fever. Regional Guidelines. Https://Apps.Who.Int/Iris/Handle/10665/204894.
Windi Chusniah. (2019). Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Wineka Media. https://fik.um.ac.id/wp-content/uploads/2020/10/2.-PROMOSI
KESEHATAN-DAN-ILMU-PERILAKU.pdf