Gambaran Pengetahuan PHBS Siswa Kelas IV di SDN Wonomulyo 1 Kecamatan Poncokusumo

Penulis

  • Annisha Rahma Wati Politeknik kesehatan kemenkes malang
  • Budi Suharno Poltekkes Kemenkes Malang
  • Handy Lala Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.31290/jpk.v13i1.4145

Abstrak

 

Abstrak Pada anak usia Sekolah Dasar (SD) merupakan kelompok usia yang rawan dan rentan terhadap masalah kesehatan, masalah yang lebih menonjol adalah perilaku hidup bersih dan sehat. PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) merupakan upaya memberikan pengalaman belajar menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran pengetahuan tentang perilaku hidup bersih dan sehat terhadap siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan desain deskriptif yaitu mendeskripsikan gambaran pengetahuan pengetahuan anak-anak SD tersebut untuk berperilaku hidup bersih dan sehat. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 30 siswa kelas 4 SD. Hasil penelitian, hasil pengetahuan hampir seluruh responden memiliki pengetahuan baik 90% dan sebagian kecil memiliki pengetahuan cukup 10%. Hampir seluruh responden tidak pernah mendapatkan informasi terkait pengetahuan PHBS, namun masih terdapat beberapa responden yang mendapatkan informasi terkait PHBS dengan sumber informasinya melalui guru dan internet.Pengetahuan siswa SD Wonomulyo 1 tentang Perilaku Hidup Bersih  dan Sehat (PHBS) setelah di edukasi dengan menggunakan media  cetak berupa leaflet yaitu masuk kategori baik, berdasarkan dari hasil uji statistic menunjukkan adanya gambaran pengetahuan terhadap anak sekolah dasar tentang perilaku hidup bersih dan sehat.

 

Kata Kunci: Anak sekolah; Pengetahuan; Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

 

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-23

Cara Mengutip

Wati, A. R., Suharno, B., & Lala, H. (2024). Gambaran Pengetahuan PHBS Siswa Kelas IV di SDN Wonomulyo 1 Kecamatan Poncokusumo. Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), 13(1), 33–39. https://doi.org/10.31290/jpk.v13i1.4145

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama