DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN MENTAL REMAJA DI SMPN 1 BLITAR

Penulis

  • Tyithania Agustria Manda Poltekkes Kemenkes Malang
  • Tri Anjaswarni Poltekkes Kemenkes Malang
  • Joko Wiyono Poltekkes Kemenkes Malang
  • Kissa Bahari Poltekkes Kemenkes Malang

DOI:

https://doi.org/10.31290/jpk.v13i1.3946

Kata Kunci:

Pandemi covid-19, Pembelajaran online, Kesehatan mental

Abstrak

Pandemi covid-19 di Indonesia terjadi pada Maret 2020 dan meningkat di seluruh wilayah Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyelenggarakan pembelajaran berbasis online dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19. Pembelajaran online dari rumah, menyebabkan banyak siswa mengeluh sehingga tidak menutup kemungkinan mengakibatkan masalah perubahan mental pada remaja yakni seperti depresi, kecemasan dan stress. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dampak pembelajaran online di masa pandemi covid-19 terhadap perubahan mental remaja di SMPN 1 Blitar. Jenis penelitian adalah korelasional dengan pendekatan Cross sectional dengan jumlah sampel 76 responden di SMPN 1 Blitar dengan menggunakan teknik proportional random sampling kemudian dianalisa menggunakan uji Pearson Product Moment. Pengumpulan data menggunakan kuesioner DASS42. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak pembelajaran online selama masa pandemi dengan kategori depresi 38,2%, kecemasan 36,8% dan stress 38,2%. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa ada hubungan signifikan antara pembelajaran online di masa pandemi dengan terjadinya depresi pada siswa dengan Pv = 0,001, kecemasan dengan Pv = 0,000 dan stress dengan Pv = 0,006. Oleh karena itu peneliti menyarankan harus memberikan motivasi kepada siswa untuk membangkitkan minat belajar dan harus menumbuhkan pemikiran positif pada siswa agar kesehatan dari segi fisik maupun mental mereka bisa terjaga dengan baik

Referensi

Acter, T., N. Uddin, J. Das, A. Akhter, T. Rabia, dan S. Kim. 2020. Evolution of severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 ( sars-cov-2 ) as coronavirus disease 2019 ( covid-19 ) pandemic?: a global health emergency. Science of the Total Environment. 730(138996):1–16.

Ahyani, L. N., U. M. Kudus, dan U. M. Kudus. 2018. Buku Ajar Psikologi Perkembangan Anak Dan Remaja. May. Universitas Muria Kudus.

Al-qahtani, A. A. 2020. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 ( sars- cov-2 ): emergence , history , basic and clinical aspects. Saudi Journal of Biological Sciences. 2(xxxx):2–8.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar. Kementerian Kesehatan RI. www.depkes.go.id/resources/download/general/Hasil%20Riskesdas%202013.pdf . [Dikses pada September 2021]

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang Barat – Bekasi). Edunesia : JurnalIlmiah Pendidikan, 2(1), 208–218

Ganesan, Y., P. Talwar, N. Fauzan, dan Y. B. Oon. 2018. A study on stress level and coping strategies among undergraduate students. Journal of Cognitive Sciences and Human Development. 3(2):1–11.


Haapala, E. A., H. L. Haapala, dan H. Syv. 2019. Longitudinal associations of physical activity and pubertal development with academic achievement in adolescents. Sport and Health Science. 0(May):1–9.

Hadi, I., Wijayanti, F., Usman, R. D., & Rosyanti, L. (2017). Gangguan Depresi Mayor: Mini Review. Health Information: Jurnal Penelitian, 9(1), 34-49

Jhon W. Santrock. 2002. Adolescence Perkembangan Remaja. Jakarta : Erlangga Juliandi, A., Irfan dan Saprinal. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis. Medan :UMSU Press

Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrument Penelitian Keperawatan Edisi 2. Jakarta : Penerbit Salemba Medika

Kholifah, Ai. 2013. Gambaran Tingkat Stres Pada Anak Usia Sekolah Menghadapi Menstruasi Pertama (Menarche) di Sekolah Dasar Negeri Gegerkalong Girang 2. Skripsi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Kim, E., & Koh, E. (2018). Avoidant attacment and smartphone addiction in cllege students:The mediating effect of anxiety and self esteem. Computer in Human Beavior, 84, 264-271

Lai, C., T. Shih, W. Ko, H. Tang, dan P. Hsueh. 2020. Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 ( sars-cov-2 ) and coronavirus disease-2019 ( covid-19 ): the epidemic and the challenges. International Journal of Antimicrobial Agents. 55(3):1–9.

Lampau, B. 2012. Metode Penelitian Kesehatan: Metode Ilmiah Penulisan Skripsi, tesis, dan Disertasi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Lindasari, S. W., Nuryani, R., & Sukaesih, N. S. (2021). Dampak Pembelajaran
Jarak Jauh Terhadap Psikologis Siswa Pada Masa Pandemik Covid 19. JNC,
4(2), 130–137.

Marcelina, Risky Nur. (2020). 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental Remaja. http://ners.unair.ac.id/site/index.php/news-fkp-unair/30-lihat/561-6 tipmenjaga- kesehatan-mental-remaja.

Mubarak, W. I., L. Indrawati., dan J. Susanto. 2015. Buku Ajar Ilmu Keperawatan Dasar. Jakarta : Salemba Medika

Muri, Y. A. 2017. Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta : Kencana

Nursalam. 2015. Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pendekatan Praktis Edisi 3. Jakarta : Salemba Medika

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.


Verma, A., A. P. Rao, T. Andrews, dan B. Vs. 2019. Assessment of level of stress and depression among adolescents in udupi. Indian Journal Of Community Health. 31(1):132–136.

Wang, J., Korczykowski, M., Rao, H., Fan, Y., Pluta, J., Gur, RC., McEwen, BS., Detre, JA. 2007. Gender difference in neural response to psychology stres. SCAN. 2: 227-239

WHO. 2020a. WHO Director-General's opening remarks at the media briefing on COVID-19 - 11 March 2020. https://www.who.int/dg/speeches/detail/who-director-general-s-opening- remarks-at-the-media-briefing-on-covid-19---11-march-2020 . [diakses pada 17 November 2021]

WHO. 2020b. WHO Coronavirus Disease (COVID-19). https://covid19.who.int/ . [ Diakses pada 23 Oktober 2021]

Wiguna, Tjin. (2013). Masalah Kesehatan Mental Remaja di Era Globalisas. http://idai.or.id/artikel/seputar-kesehatan-anak/masalah-kesehatan-mental-remaja-di-era-globalisasi.

Zhao, Y., Guo, Y., Xiao, Y., Zhu, R., Sun, W., Huang, W., Liang, D., Tang, L., Zhang, F., Zhu, D., & Wu, J. L. (2020). The effects of online homeschooling on children, parents, and teachers of grades 1-9 during the COVID-19 pandemic. Medical Science Monitor, 26, 1- 10. https://doi.org/10.12659/MSM.925591

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-22

Cara Mengutip

Manda, T. A., Anjaswarni, T., Wiyono, J., & Bahari, K. (2024). DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP PERUBAHAN MENTAL REMAJA DI SMPN 1 BLITAR. Jurnal Pendidikan Kesehatan (e-Journal), 13(1), 1–11. https://doi.org/10.31290/jpk.v13i1.3946