PENGARUH EDUKASI 7 LANGKAH CTPS MELALUI VIDEO ANIMASI TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN TINDAKANDALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYAKIT MENULARCOVID 19 KELAS 3 DI SDN TAPIR
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v11i2.3490Kata Kunci:
Edukasi, Video Animasi, PengetahuanAbstrak
Tangan merupakan salah satu jalur penularan penyakit, sehingga mencuci tangan dengan sabun merupakan cara yang paling efektif membunuh virus atau bakteri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media video animasi terhadap tingkat pengetahuan dan tindakan tentang CTPS sebelum dan sesudah diberikan edukasi dalam upaya pencegahan penyakit COVID 19. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas 3 yang berjumlah 28 orang, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa/siswi kelas 3 yang berjumlah 26 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan lembar observasi, analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan ada pengaruh peningkatan pengetahuan dan tindakan dimana p value sama dengan 0,000 Kurang dari a 0,005. Hal ini menunjukkan penggunaan media video animasi dapat meningkatkan pengetahuan dan tindakan siswa kelas 3 di SDN Tapir. Hal ini menunjukkan penggunaan media video animasi dapat meningkatkan pengetahuan dan tindakan siswa kelas 3 di SDN Tapir.Rekomendasinya adalah video animasi dapat digunakan untuk meningkatkan tindakan CTPS siswa sebagai upaya dalam pencegahan penyakit.