Hubungan Pendidikan Kesehatan Metode Ceramah Dengan Pengetahuan Ibu Nifas Primipara Tentang Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir Di PMB Ngadillah Pakis
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v9i2.1984Kata Kunci:
Pendidikan Kesehatan, Perawatan tali pusat, pengetahuan, ibu nifas primiparaAbstrak
Kematian bayi salah satunya disebabkan oleh infeksi. Infeksi tersebut terjadi dapat karena kurangnya pengetahuan ibu dalam melakukan perawatan tali pusar pada hari hari pertama kehidupan bayi pada. Upaya peneliti untuk meningkatkan pengetahuan perawatan tali pusat yaitu melalui metode ceramah. Pemilihan metode ini selain karena murah dari segi biaya, juga mudah untuk diulang kembali jika terdapat materi kurang dipahami oleh responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan kesehatan metode ceramah dengan pengetahuan ibu nifas tentang perawatan tali pusat bayi baru lahir di PMB Ngadillah Pakis. Desain Penelitian menggunakan Pre Eksperimental dengan rancangan pre dan post test terhadap pengetahuan ibu nifas primipara. Sampel penelitian adalah seluruh ibu nifas primipara yang memenuhi kriteria inklusi sejumlah 28 orang dengan teknik Sampling berupa Total Sampling. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis dengan Wilcockson Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan 89,3 persen pengetahuan ibu nifas dalam kategori kurang sebelum dilakukan perlakuan, dan 96,4 persen pengetahuan dalam kategori baik setelah dilakukan perlakuan dengan p value 0,000. Artinya ada hubungan antara pendidikan kesehatan metode ceramah dengan pengetahuan ibu nifas primipara tentang perawatan tali pusat bayi baru lahir. Pendidikan Kesehatan dengan metode ceramah dapat dilakukan sebagai metode terpilih untuk menambah pengetahuan ibu nifas primipara dalam melakukan perawatan tali pusat.
Referensi
Afin, Murtiningtyas. 2012. Mengenal Baby Blues Dan Pencegahannya. Jakarta. Dunia sehat.
Bagus, Radian. 2014. https://bagusdwiradyan.wordpress.com/2014/07/06/kerucut-pengalaman-cone-of-experience-edgar-dale/ diakses pada tanggal 3 Oktober 2019
Bobak, Lowdermilk dan Jensen. 2015. Keperawatan Marternitas. Jakarta: EGC.
Budiman & Riyanto A. 2013. Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta : Salemba Medika pp 66-69.
Elsobky, Fatma Ahmed dkk. 2017. Effect of Topical Application on Mother Milk on Umbilical Cord Stump Separation Time Compared To Ethanol in Healthy Newborn. Vol. 4,Issue 1, pp: (1-11).
Ersila,Wahyu.2018.Program kemitraan Masyarakat (PKM) mewujudkan generasi berkualitas dengan kelas ibu balita di desat tangkil tengah kedwuni pekalongan. Vol.15 number 2 Januari 2018. Diambil dari :http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/link/article/view/4442. (Maret 2020)
Fajar Ibnu.2009.Statistika Untuk Praktisi Kesehatan.Jakarta. Graha Ilmu
Heri.2009.Penelitian Kualitatif. Jakarta: Trans Medika
Hartini,Tri.2017.Pengaruh penyuluhan terhaap pengetahuan ibu tentang perawatan tali pusat bayi di rumah bersalin nurhikmah desa kuwaron gubug grobongan.April 2017. Diambil dari :http://jurnal.unimus.ac.id. (Desember 2019)
Indriyani,Diyan. 2013. Aplikasi Konsep dan teori Keperawatan Maternitas Postpartum dengan Kematian Janin. Yogjakarta. Ar-Ruzz Medika.
Ingela.2009.Pendekatan pada penatalaksanaan depresi pasca salin. Jiwa Psychiatric
Kelly,Paula. 2010. Buku Asuhan Neonatus dan Bayi. Jakarta. EGC.
Kementerian Kesehatan RI. 2016. ProfilKesehatan Indonesia Tahun 2013. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI
Kosim, M Sholeh, dkk. 2012. Buku Ajar Neonatologi. Jakarta.Ikatan Dokter Anak Indonesia.
Kristiyanasari, Weni & Sugeng Djitowiyono. 2011. Asuhan Keperawatan Neonatus dan Anak. Yogyakarta: NuhaMedika.
Lumsden, H., dan Debbie Holmes. 2012. Asuhan Kebidanan pada Bayi yang Baru Lahir . Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Makhfudli.2009.Keperawatan Kesehatan Komunitas:Teori Dan Praktik Dalam Keperawatan. Jakarta:Salemba Medika
Mansur, Herawati. 2014. Psikologi Ibu dan Anakuntuk Kebidanan. Jakarta.Salemba Medika
Marmi dan Rahardjo.2012.KonsepPemberdayaanMasyarakat.Penerbit TS Surakarta
Maress,Bernadet.2018. Psikologi Eksperimen.Jakarta.Indeks
Maryunani, Anik. 2009. Asuhan Pada Ibu Dalam Masa Nifas (Postpartum). Jakarta: Trans Info Media.
Maulana, Nurul Ramadhani. 2009. Metode Mengajar dalam Bidang Kesehatan.Bandung: Alfabeta.
Mubarak, Wahit Iqbal dan Nurul Chayatin. 2012. Buku Ajar Kebutuhan DasarManusia. Jakarta: EGC.
Ningrum, Susanti Prasetya. 2018. Faktor-faktor psikologis yang mempengaruhi Postpartum Blues. Vol 4 no 2,Hal 205-218 Desember 2018. Diambil dari : Jurnal Ilmiah Psikologi. (Juni 2020)
Notoatmodjo, Soekidjo. 2014. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Novack dalam Cunningham et al. 2006. Obstetri Williams. Jakarta: EGC.
Prawiroharjo. 2012. Pengaruh Kecemasan Pada Kehamilan Primipara Remaja. Potianak.
Prihantoro, Agus.2017.Kerangka Landasan Pembelajaran Pengajaran dan Asesmen.Yogyakarta.Pustaka Belajar.
Ratri, W dkk. 2007. Perbedaan Pelepasan Tali Pusat Pada Berat Bayi Lahir Rendah yang dirawat Menggunakan Air Steril dibandingkan dengan Alkohol 70%. JIK Vol. 02/No. 02/Mei/2007.