HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DAN MINAT SOSIAL DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA MAHASISWA KEBIDANAN
DOI:
https://doi.org/10.31290/jpk.v7i2.115Kata Kunci:
Kecerdasan Emosional, Minat Sosial, Prestasi Belajar SiswaAbstrak
This research aims to find out if there is a relationship of emotional intelligence and social interests with midwifery student learning achievement on. The subjects in this research is to the studentd of Study Program Diploma III Midwifery Stikes Maharani Malang with proportional random sampling technique of 100 students. The subject is asked to fill out a number of items that exist on a scale of emotional intelligence and social interests. Based on data analysis using regression analysis obtained F hitung equal 7,506 with p equal 0.001 or p is smaller than 0.01, and the effective contribution of 13.4 persen namely SE. These findings suggest that there is a significant relationship to simultaneously or jointly between emotional intelligence and variable social interest with variable learning achievement in midwifery students. Next to the result r x 1.y equal 0,200 with with p equal 0,047 or p is smaller than 0.05, meaning that there is a significant positive correlation between emotional intelligence and learning achievement, then results r x 2.y equal 0,271 with p equal 0.007 or p is smaller than 0.01. It means there is a significant positive correlation between social interests with student learning achievements. These findings suggest that the higher the social interest in the achievement of learning will be even higher. The conclusion of the results of this research is that there is a significant relationship between emotional intelligence and social interests with midwifery students learning achievements
Referensi
Anastasi, A, 1976. Psychological Testing, Mc Millan Publising Co., Inc., New York
Azwar,S. 2004, Reliabilitas dan Validitas, Pustaka Pelajar : Yogyakarta.
______, 1999. Pengukuran Skala Psikologi. Pustaka Pelajar : Yogyakarta
Cooper, R.K dan Syawaf, A. 2001. Kecerdasan Emosi dalam Kepemimpinan & Organisasi. PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
Crow, L. & A. Crow, 1988. Psikologi Pendidikan, Surabaya: Bina Ilmu.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka : Jakarta.
Depkes R.I. 2003. Rencana Strategis Nasional Making Pregnancy Safer (MPS) di Indonesia.. DepKes. R.I. Jakarta.
Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta
Djalali, As.ad, D. 2006. Kepribadian sebagai Modal Dasar Untuk Tercapainya Kualitas Kinerja Para Tenaga Pendidik. Pidato Pengukuhan Guru Besar
Djamarah, S.B. 2002. Psikologi Belajar, Cetakan Pertama. PT Andi Mahasatya, Surabaya.
Djiwandono, S.E.W. 2002. Psikologi Pendidikan. PT. Gramedia : Jakarta.
Gibs, N, 1995. The Emotional Quontient Factors, Time Magazine. No, 2 Oktober.
Goleman, D. 1997. Emotional Intelligence, Mengapa EI lebih penting dari pada IQ (Terjemahan : T. Hermaya), Cetakan Ketiga. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.
_____, 2003. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi, (Terjemahan : Alex Tri Kuntjoro), Cetakan kelima. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Gottman, John. (2001). Kiat-kiat Membesarkan Anak yang Memiliki Kecerdasan Emosional (terjemahan). PT Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Hadi Sutrisno, 2000. SPS – 2000 Seri Program Statistik – Versi 2000. Universitas Gajah Mada : Yogyakarta.
_____, 2000. Statistik 2, Edisi II, Andi Offset : Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 2004. Pendidikan Guru Berdasarkan pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara
Hurlock.E, (1995). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Erlangga: Jakarta
Iskandar. 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Cetakan Pertama. Gaung Persada Perss : Jakarta
I Wayan Dwija, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, No. 1 TH. XXXXI Januari 2008
Kemenkes RI. 2010. Profil Kesehatan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.
Kemenkes RI. Badan PPSDM Kesehatan. 2010. Standar Penilaian Pendidikan Tenaga Kesehatan. Pusat Pendidikan Tenaga Kesehatan.
Kemenkes Nomor 369/ Menkes/ SK/ III/ 2007 tentang Standar Profesi Bidan
Kuder. 1986. Kuder Preference Record Vocational Test, Manual. Urusan Reproduksi dan Distribusi Alat Tes Fakultas Psikologi UI.
Mariyanti,S. 2006. Peran Minat Dalam Bidang Kerja Social Service. WWW.esaunggul.ac.id. Diakses tanggal 5 Juni 2011.
Notoatmodjo, Soekidjo, 2007. Pengantar Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Andi Off Set :Yogyakarta.
Purwanto,M.N.2003.PsikologipendidikanCetakan Kesembilanbelas. PT Remaja Rosdakarya: Bandung
Pusdiknakes, Kemenkes RI. 2010. Kurikulum Diploma III Kebidanan. Jakarta
Salam, A dan Ada, W. 2003. Pengaruh Intelegensi dan Motivasi Berprestasi
terhadap Prestasi belajar Taruna Politeknik Ilmu Pelayaran(PIP) Makassar. Jurnal Intelektual 1.
Segal, Jeanne, 1999. Meningkatkan Kecerdasan Emosional, (Alih Bahasa : Dian Paramesti Bahar), PT Citra Aksara.
Shalahuddin, Mahfudh, 1990. Pengantar Psikologi Pendidika. Bina Ilmu : Surabaya.
Shaphiro, L.E. 2003. Mengajarkan EI pada Anak (Terjemahan: T. Hermaya). PT.Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
Sia, Tjundjing. (2001). Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1. diakses tanggal 21 September 2011.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Stikes Maharani, 2009. Buku Pedoman Akademik Stkes Maharani Malang.
Winkel, W.S. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. PT.Gramedia Pustaka Utama : Jakarta.
Yudhawati, R dan Dany Haryanto, 2011. Teori-teori Dasar Psikologi Pendidikan. Cetakan Pertama. Prestasi Pustaka. Jakarta.