PENCAPAIAN KOMPETENSI ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN MENGGUNAKAN MODUL PRAKTIKUM BEDSIDE TEACHING DAN PENUGASAN MAHASISWA KEPERAWATAN
Abstract
Tujuan penelitian ini mengetahui perbedaan pencapaian kompetensi asuhan keperawatan dengan menggunakan modul praktikum metode bed side teaching dengan penugasan bagi mahasiswa keperawatan Poltekkes Malang. Penelitian ini menggunakan desain eksplorasi dan rancangan eksperimen Quasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa jurusan keperawatan semester V poltekkes Kemenkes Malang yang sedang melaksanakan praktik klinik keperawatan di rumah sakit dengan jumlah sampel adalah 32 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkkan pencapaian kompetensi kelompok bedside teaching 50 persen kategori baik, sedangkan kelompok penugasan 87,5 persen kategori cukup. Berdasarkan hasil uji analisis statistik yaitu independent t test terdapat perbedaan pencapaian kompetensi mahasiswa keperawatan yang menggunakan metode bed side teaching dan penugasan yaitu dengan nilai 0.000 lebih kecil dari sig a 0.05.
References
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Munthe, B. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Nursalam. (2002) Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. (2008) Pendidikan Dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Palotsky, H dan Metaliose. (2007).
Sanjaya, W. (2008) Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2010) Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010) Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.