THE EFFECTIVENESS OF THE USE OF VIDEO MEDIA AND SNAKE TO THE LEVEL OF HEALTH REPRODUCTION OF CLASS XI STUDENTS

  • Faradina Lisanda Putri poltekkes malang
  • Ika Yudianti Poltekkes Kemenkes Malang
  • Herawati Mansyur Poltekkes Kemenkes Malang

Abstract

High prevalence of adolescents reproductive health problems in Indonesia because of they have less knowledge. This study aims to measure the effectiveness of increased knowledge about reproductive health using video media and game snake ladders on grade XI high school 1 Dampit. This research uses the pre experimental design with two group post test only and the sample used in this study totaling 120 respondents using proportional random sampling. Students devided of videos group and snakes ladders group to give them reproductive health knowledge after that measure their knowledge level using questionnaire. Then count the results with U Mann Whitney test and the results showed that the mean rank score video media 66,93 and on media snake ladder 54,08. Conclusion of this research is the improvement of knowledge of reproductive health in adolescents using video more effectively then snakes ladders because students not only understand the lesson from listen what teachers speak but also from pictures was on video.

References

Andrian dan Kuntoro, 2013. “Abortus Spontan pada Pernikahan Usia Dini”.
Surabaya: Jurnal Biometrika dan
Kependudukan, Vol. 2, No. 1 Juli 2013: 1–9

Bhinnety, Magda. 2008. “Struktur dan Proses Memori”. Buletin Psikologi
Volume 16, NO. 2, 74 – 88. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Fajar, dkk. 2009. Statistika untuk Praktisi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Imu

Fitra, 2013. “Pengaruh Penyuluhan
Kesehatan terhadap Peningkatan
Pengetahuan Kesehatan Reproduksi
Remaja”. Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Surakarta

Fitriani, Sinta. 2011. Promosi Kesehatan. Yogyakarta:Graha Ilmu

Hidayat, Alimul Aziz A. 2014. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika

Jayani, Santi dan Hastjartjo, Thomas Dicky.
2011. “Pengaruh Frekuensi Pemberian
Tes Terhadap Memori Jangka Panjang
Bacaan pada Siswa SMA” Jurnal
Psikologi Volume 6, No.2, Agustus
2011:430-441

Jamil, Sya’ban.2016. Permainan Cerdas & Kreatif. Jakarta:Penebar Plus

Karimah,dkk.2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIII”. Jurnal Pendidikan Fisika Vol.2 No.1
halaman 6

Kumalasari,Intan dan Adhyantoro,
Iwan.2012. Kesehatan Reproduksi
untuk Mahasiswa Kebidanan dan
Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika

Lestiyorini, Deti (2012). “Game Edukasi Ular Tangga pada Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Laporan Pelaksanaan Kabupaten Malang Menuju Layak Anak Tahun 2015 diakses tanggal 10 September 2017

Maryam, Siti. Promosi Kesehatan dalam
Pelayanan Kebidanan. Jakarta:EGC

Miswanto, 2014.” Pentingnya Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas
pada Remaja”. Yogyakarta: Jurnal Studi Pemuda Vol. 3, No. 2, September
2014

Muliawan, Ungguh Jasa. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media

Notoadmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika

Mulyani,Sri.2013. 45 Permaianan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing

Pratiwi, Wahyuningrum. 2015. “Efektivitas
Penggunaan Model Pembelajaran
Students Team Achievement Division
(STAD) dan Group Investigation (GI)
Ditinjau dari Prestasi Belajar IPS pada
Siswa Kelas IV di SD Kasihan
Bantul.”Jurnal Penelitian Universitas
PGRI Yogyakarta

Riwidikdo, Handoko. 2012. Statistika Kesehatan Belajar Mudah Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kesehatan (Plus Aplikasi Software SPSS). Yogyakarta: Nuha Medika

Romadhoni, Sarif. 2014. “Efektivitas
Penerapan Metode Brainstorming
terhadap Peningkatan Minat dan
Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas
X SMK YPKK 2 Sleman.”Skripsi
Universitas Negeri Yogyakarta

Santjaka, Aris. 2011. Statistik untuk Penelitian Kesehatan (Deskriptif, Inferensial, Parametrik, dan Non Parametrik). Yogyakarta:Nuha Medika

Saraswati, Enggar. 2015. ”Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas III Semester 2 Materi Sudut dan
Pecahan di SD Negeri Se-desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.”Program Studi Pendidikan Guru Selah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Smaldino, dkk. 2014. Instructional Technology and Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri

Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, Wiratna V. 2014. Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta:
Penerbit GAVA Media
Suprijanto.2009. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta:
PT.Bumi Aksara

Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 diakses tanggal 10
September 2017

Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2012 diakses tanggal 10 September
2017

Tarigan, Eka Ristin. 2016. “Efektivitas Promosi Kesehatan dengan Media Leaflet dan Video terhadap Pengetahuan da Sikap Remaja tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Berastagi.” Tesis Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara

Tedjasaputra, Mayke S.2007. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo

Uno, B Hamzah.2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta:PT.Bumi Aksara

Utami, Diana Dwisurya. 2012. “Pengaruh Waktu Recall Terhadap Memori Mahasiswa Yang Mengontrak Mata Kuliah Psikologi Kognitif di Fakultas Psikologi Universitas "X" Bandung” Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha

Wati, Rima Ega. 2016. Ragam media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Wulandari, dkk.2012. “Pemahaman Siswa Mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja Melalui Layanan Informasi”. Padang: Jurnal Ilmiah Konseling Vol.1
No.1

Yanti. 2011. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi untuk Mahasiswa Kebidanan.
Yogyakarta: Pustaka Rihama

Zamzami, Muhammad (2014). “Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode
Ular Tangga tentang Pencegahan Penyakit PES terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa SD Negeri 1 Selo Boyolali”. Skripsi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta
Published
2019-04-29
How to Cite
PUTRI, Faradina Lisanda; YUDIANTI, Ika; MANSYUR, Herawati. THE EFFECTIVENESS OF THE USE OF VIDEO MEDIA AND SNAKE TO THE LEVEL OF HEALTH REPRODUCTION OF CLASS XI STUDENTS. Jurnal Pendidikan Kesehatan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 23-35, apr. 2019. ISSN 2442-7993. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/jpk/article/view/690>. Date accessed: 20 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31290/jpk.v8i1.690.
Section
Original Research
Array ( )