THE EFFECTIVENESS OF THE USE OF VIDEO MEDIA AND SNAKE TO THE LEVEL OF HEALTH REPRODUCTION OF CLASS XI STUDENTS
Abstract
High prevalence of adolescents reproductive health problems in Indonesia because of they have less knowledge. This study aims to measure the effectiveness of increased knowledge about reproductive health using video media and game snake ladders on grade XI high school 1 Dampit. This research uses the pre experimental design with two group post test only and the sample used in this study totaling 120 respondents using proportional random sampling. Students devided of videos group and snakes ladders group to give them reproductive health knowledge after that measure their knowledge level using questionnaire. Then count the results with U Mann Whitney test and the results showed that the mean rank score video media 66,93 and on media snake ladder 54,08. Conclusion of this research is the improvement of knowledge of reproductive health in adolescents using video more effectively then snakes ladders because students not only understand the lesson from listen what teachers speak but also from pictures was on video.
References
Surabaya: Jurnal Biometrika dan
Kependudukan, Vol. 2, No. 1 Juli 2013: 1–9
Bhinnety, Magda. 2008. “Struktur dan Proses Memoriâ€. Buletin Psikologi
Volume 16, NO. 2, 74 – 88. Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada
Fajar, dkk. 2009. Statistika untuk Praktisi Kesehatan. Yogyakarta: Graha Imu
Fitra, 2013. “Pengaruh Penyuluhan
Kesehatan terhadap Peningkatan
Pengetahuan Kesehatan Reproduksi
Remajaâ€. Fakultas Kedokteran
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Fitriani, Sinta. 2011. Promosi Kesehatan. Yogyakarta:Graha Ilmu
Hidayat, Alimul Aziz A. 2014. Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data. Jakarta: Salemba Medika
Jayani, Santi dan Hastjartjo, Thomas Dicky.
2011. “Pengaruh Frekuensi Pemberian
Tes Terhadap Memori Jangka Panjang
Bacaan pada Siswa SMA†Jurnal
Psikologi Volume 6, No.2, Agustus
2011:430-441
Jamil, Sya’ban.2016. Permainan Cerdas & Kreatif. Jakarta:Penebar Plus
Karimah,dkk.2014. “Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Fisika untuk Siswa SMP/MTs Kelas VIIIâ€. Jurnal Pendidikan Fisika Vol.2 No.1
halaman 6
Kumalasari,Intan dan Adhyantoro,
Iwan.2012. Kesehatan Reproduksi
untuk Mahasiswa Kebidanan dan
Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Lestiyorini, Deti (2012). “Game Edukasi Ular Tangga pada Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasarâ€. Skripsi Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Laporan Pelaksanaan Kabupaten Malang Menuju Layak Anak Tahun 2015 diakses tanggal 10 September 2017
Maryam, Siti. Promosi Kesehatan dalam
Pelayanan Kebidanan. Jakarta:EGC
Miswanto, 2014.†Pentingnya Pendidikan Kesehatan Reproduksi dan Seksualitas
pada Remajaâ€. Yogyakarta: Jurnal Studi Pemuda Vol. 3, No. 2, September
2014
Muliawan, Ungguh Jasa. 2016. 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media
Notoadmojo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. 2008. Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Edisi 2. Jakarta : Salemba Medika
Mulyani,Sri.2013. 45 Permaianan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Langensari Publishing
Pratiwi, Wahyuningrum. 2015. “Efektivitas
Penggunaan Model Pembelajaran
Students Team Achievement Division
(STAD) dan Group Investigation (GI)
Ditinjau dari Prestasi Belajar IPS pada
Siswa Kelas IV di SD Kasihan
Bantul.â€Jurnal Penelitian Universitas
PGRI Yogyakarta
Riwidikdo, Handoko. 2012. Statistika Kesehatan Belajar Mudah Teknik Analisis Data dalam Penelitian Kesehatan (Plus Aplikasi Software SPSS). Yogyakarta: Nuha Medika
Romadhoni, Sarif. 2014. “Efektivitas
Penerapan Metode Brainstorming
terhadap Peningkatan Minat dan
Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas
X SMK YPKK 2 Sleman.â€Skripsi
Universitas Negeri Yogyakarta
Santjaka, Aris. 2011. Statistik untuk Penelitian Kesehatan (Deskriptif, Inferensial, Parametrik, dan Non Parametrik). Yogyakarta:Nuha Medika
Saraswati, Enggar. 2015. â€Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas III Semester 2 Materi Sudut dan
Pecahan di SD Negeri Se-desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman.â€Program Studi Pendidikan Guru Selah Dasar Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Smaldino, dkk. 2014. Instructional Technology and Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: PT. Fajar Interpratama Mandiri
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sujarweni, Wiratna V. 2014. Metodologi Penelitian Keperawatan. Yogyakarta:
Penerbit GAVA Media
Suprijanto.2009. Pendidikan Orang Dewasa dari Teori hingga Aplikasi. Jakarta:
PT.Bumi Aksara
Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2012 diakses tanggal 10
September 2017
Survey Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2012 diakses tanggal 10 September
2017
Tarigan, Eka Ristin. 2016. “Efektivitas Promosi Kesehatan dengan Media Leaflet dan Video terhadap Pengetahuan da Sikap Remaja tentang HIV/AIDS di SMA Negeri 1 Berastagi.†Tesis Program Studi S2 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara
Tedjasaputra, Mayke S.2007. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo
Uno, B Hamzah.2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta:PT.Bumi Aksara
Utami, Diana Dwisurya. 2012. “Pengaruh Waktu Recall Terhadap Memori Mahasiswa Yang Mengontrak Mata Kuliah Psikologi Kognitif di Fakultas Psikologi Universitas "X" Bandung†Undergraduate thesis, Universitas Kristen Maranatha
Wati, Rima Ega. 2016. Ragam media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Wulandari, dkk.2012. “Pemahaman Siswa Mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja Melalui Layanan Informasiâ€. Padang: Jurnal Ilmiah Konseling Vol.1
No.1
Yanti. 2011. Buku Ajar Kesehatan Reproduksi untuk Mahasiswa Kebidanan.
Yogyakarta: Pustaka Rihama
Zamzami, Muhammad (2014). “Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode
Ular Tangga tentang Pencegahan Penyakit PES terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Siswa SD Negeri 1 Selo Boyolaliâ€. Skripsi Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta