Deteksi Dini Hipertensi dan Pertolongan Pertama pada Penderita Stroke di Desa Amadanom Kecamatan Dampit Kabupaten Malang

  • Wandi Wandi Poltekkes Kemenkes Malang, Jalan Besar Ijen No 77 C Malang, Jawa Timur
  • Isman Amin Poltekkes Kemenkes Malang, Jalan Besar Ijen No 77 C Malang, Jawa Timur

Abstract

Stroke merupakan salah satu penyakit tidak menular yang prevalensinya tinggi di dunia, dimana stroke menempati urutan ketiga penyebab kematian setelah penyakit jantung koroner dan kanker, bahkan di Indonesia stroke menempati urutan teratas penyebab kematian di Indonesia diiringi oleh TBC dan hipertensi. Tujuan umum dilaksanakannya pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat mampu melakukan deteksi dini hipertensi dan pertolongan pertama pada penderita stroke. Dari hasil pengabmas tersebut dapat disimpulkan hasil penyerapan materi oleh peserta sangat baik, telah dibentuk pengurus forum komunikasi peduli hipertensi dan stroke di Desa Amadanom. Bagi masyarakat umum agar secara rutin dapat berperan aktif untuk dilakukan deteksi terhadap tekanan darahnya minimal 1 bulan sekali atau bila ada tanda-tanda kenaikan tekanan darahnya.

Published
2018-01-26
How to Cite
WANDI, Wandi; AMIN, Isman. Deteksi Dini Hipertensi dan Pertolongan Pertama pada Penderita Stroke di Desa Amadanom Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 27-32, jan. 2018. ISSN 2613-9383. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/idaman/article/view/172>. Date accessed: 03 may 2024.
Array ( )