Pemberdayaan Komunitas Pengemudi Jeep dan Porter dalam Menekan Angka Kecacatan Akibat Kecelakaan Wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jawa Timur

  • Hupitoyo Hupitoyo Poltekkes Kemenkes Malang, Jalan Besar Ijen No 77 C Malang, Jawa Timur

Abstract

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan harapan hidup dan menekan angka kematian akibat kecelakaan di kawasan TNBTS dengan memberi pelatihan kepada pengemudi jeep dan porter di kawasan wisata. Pada evaluasi pembelajaran untuk capaian kemampuan kogitif paling banyak berada pada tingkat cukup dan baik yaitu 45% dan 35%. Faktor yang berpengaruh adalah bahwa 90% peserta adalah lulusan sekolah dasar, namun antusiasme peserta demikian tinggi hingga tingkat kehadiran (100%). Pelatihan ini sangat sesuai dengan harapan masyarakat di Tengger. Sehingga diperlukan pendampingan secara periodik dan intensif.

Published
2018-01-26
How to Cite
HUPITOYO, Hupitoyo. Pemberdayaan Komunitas Pengemudi Jeep dan Porter dalam Menekan Angka Kecacatan Akibat Kecelakaan Wisata di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Jawa Timur. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), [S.l.], v. 1, n. 1, p. 5-9, jan. 2018. ISSN 2613-9383. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/idaman/article/view/169>. Date accessed: 03 may 2024.
Array ( )