PELATIHAN KADER DALAM PENJARINGAN KEHAMILAN BERISIKO (KADER-JARIK) MELALUI MEDIA PREGNANCY CASE BOARD (PCB) DI KELURAHAN KETAMI KEDIRI

  • Shinta Kristianti Poltekkes Kemenkes Malang

Abstract

Skrining risiko tinggi kehamilan bukan saja menjadi tanggung jawab tenaga kesehatan, namun juga masyarakat bertanggung jawab untuk menemukan dan mendeteksi adanya risiko tinggi pada kehamilan untuk mencegah kematian pada ibu masa kehamilan, melahirkan dan nifas, maupun juga pada bayi. Pelatihan kader menggunakan PCB ini dilaksanakan agar kader lebih mampu dan terlatih. Metode pengabdian yang digunakan adalah pre-test dan post test only. Responden yang digunakan adalah kader sejumlah 21 orang. Peneliti mengumpulkan data menggunakan kuesioner sejak tanggal 8 sampai dengan 15 Mei 2018. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yakni kemampuan dan pengetahuan kader dalam penjaringan kehamilan berisiko (kader-jarik) melalui media Pregnancy Case Board (PCB) meningkat. Kegiatan pengabmas ini dirasakan kader memiliki manfaat yang sangat besar bagi masyarakat.

Published
2019-10-30
How to Cite
KRISTIANTI, Shinta. PELATIHAN KADER DALAM PENJARINGAN KEHAMILAN BERISIKO (KADER-JARIK) MELALUI MEDIA PREGNANCY CASE BOARD (PCB) DI KELURAHAN KETAMI KEDIRI. Jurnal IDAMAN (Induk Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan), [S.l.], v. 3, n. 2, p. 89-95, oct. 2019. ISSN 2613-9383. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/idaman/article/view/1371>. Date accessed: 18 june 2024.
Array ( )