Pemberdayaan Kader Jumantik Terhadap Perilaku Pencegahan DBD Di SDN Percobaan 2 Kelurahan Pisang Candi Kota Malang

  • Risa Anjelina Oktavia Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang

Abstract

Latar belakang: Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia. Anak usia sekolah merupakan kelompok yang paling rentan dan memiliki risiko tinggi terhadap penyakit deman berdarah. Oleh karena itu dilakukan upaya pencegahan di sekolah dengan pemberdayaan kader jumantik cilik di SDN Percobaan 2.


Tujuan: Untuk mengetahui perbedaan pengaruh pemberdayaan sebelum dan sesudah diberikan edukasi.


Metode: Penelitian kuantitatif menggunakan desain one grup pre eksperimen


Hasil: Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata pengetahuan kader jumantik cilik tentang pencegahan DBD (pretest = 53,71) dan (posttest = 71,43), peningkatan rata-rata sikap kader jumantik dalam pencegahan DBD (pretest = 47,6) dan (posttest = 58,3), dan peningkatan rata-rata tindakan kader jumantik dalam pencegahan DBD (pretest = 47,6) dan (posttest = 58,3). Hasil analisis didapatkan signifikasi pengetahuan (p-value = 0.000 < 0.05), signifikasi sikap (p-value = 0.000 < 0.05), signifikasi tindakan (p-value = 0.003 < 0.05).


Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberdayaan kader jumantik terhadap perilaku pencegahan DBD di SDN Percobaan 2. Rekomendasi untuk siswa bersama kader jumantik bahu membahu menjaga lingkungan sekolah untuk mencegah terjadinya DBD.


Kata Kunci: Pemberdayaan; Kader Jumantik; DBD; Perilaku (Pengetahuan, Sikap, Tindakan)

Published
2024-05-03
How to Cite
OKTAVIA, Risa Anjelina. Pemberdayaan Kader Jumantik Terhadap Perilaku Pencegahan DBD Di SDN Percobaan 2 Kelurahan Pisang Candi Kota Malang. The Journal of Public Health Promotion, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 40-54, may 2024. Available at: <https://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/edupro/article/view/4316>. Date accessed: 20 june 2024.